KEIN Minta RI Tiru Pertumbuhan Ekonomi Turki

KEIN Minta RI Tiru Pertumbuhan Ekonomi Turki

Jakarta–Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai, meski pertumbuhan ekonomi nasional mampu menginjak level 5,02 persen di 2016, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap masih belum berkualitas. Hal ini tercermin dari belum meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM).

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Wakil Ketua KEIN, Arief Budimanta, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa, 4 April 2017. Menurutnya, pemerintah bisa meniru pertumbuhan ekonomi di Turki yang merupakan sama-sama negara anggota G20, di mana pertumbuhan Turki bisa menentukan peningkatan IPM.

“Pada umumnya, kualitas pembangunan manusia itu berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun di Turki sebaliknya, pertumbuhan ekonomi justru memengaruhi IPM. Ini bisa dilakukan oleh Indonesia,” ujarnya.

Sementara berdasarkan data dari Urban Sanitation Development Program (USDP), pada tahun 2015 lalu untuk human development index, Indonesia masih kalah dari Turki yang sudah di posisi 0,767, bahkan kalah jauh dari Malaysia yang berada pada level 0,789. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News