KEIN: Indonesia Perlu Memiliki Strategi Industri Untuk Bersaing

KEIN: Indonesia Perlu Memiliki Strategi Industri Untuk Bersaing

Jakarta – Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Soetrisno Bachir mengatakan, Indonesia mesti memiliki strategi industri supaya bisa bersaing di tingkat global. Apalagi, lanjutnya, Indonesia punya potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, di mana jika dikembangkan akan membuat Indonesia kedepan bisa unggul.

Untuk mendorong hal itu, terdapat 4 sektor potensial yang bisa digenjot pemerintah, yakni agrobisnis, maritim, industri kreatif, dan pariwisata. “Dengan 4 sektor itu kita bisa menjadi pemain dunia. Namun jangan ikut-ikutan coba saingan dengan Airbus, Toyota. Itu nggak mungkin dan nggak perlu,” kata Soetrisno dalam Workshop Media di Bogor, Sabtu, 13 Agustus 2016.

Dia menuturkan, sektor tersebut merupakan kekuatan Indonesia. Satu sisi, Indonesia memiliki kekayaan alam, disisi lain Indonesia memiliki penduduk yang banyak.

“Jangan bikin industri yang tenaga kerja tapi dinikmati segilintir orang,” kata dia.

Untuk agrobisnis, dia menuturkan Indonesia memiliki tanah yang subur. Begitu pula dengan sektor maritim di mana Indonesia memiliki kekayaan laut. Sementara, dari industri kreatif Indonesia merupakan negara yang multikultur. Artinya, Indonesia memiliki hasil kebudayaan berupa kerajinan.

Tak sekadar itu, pariwisata Indonesia juga berpotensi menjadi pemain global karena memiliki tempat-tempat yang indah. Dia menambahkan, jika sektor itu dikembangkan maka sektor lain akan turut berkembang.

“Kalau ini kekuatan global kita yang lain ikut. Tekstil ikut. Industri lainnya misalnya perumahan, properti ikut,” tutupnya. (*) Dwitya Putra

 

Editor : Apriyani K

Related Posts

News Update

Top News