Kas Negara Balik Rp4,38 Triliun, Jokowi Apresiasi Kinerja BPK

Kas Negara Balik Rp4,38 Triliun, Jokowi Apresiasi Kinerja BPK

Jakarta РPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mampu mengembalikan kas dan aset negara sebesar Rp4,38
triliun.

Jokowi menilai, sebagai lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, peranan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sangatlah penting.

“BPK juga telah memeriksa kinerja dan kepatuhan pemerintah dan badan lainnya, serta berhasil mengembalikan kas dan aset negara sebesar Rp4,38 triliun,” kata Jokowi pada saat pidato Kenegaraan di Kompleks DPR RI Jakarta, 16 Agustus 2019.

Jokowi mengapresiasi setiap tekat BPK untuk memastikan setiap rupiah dalam APBN digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. Sehingga laporan keuangan pemerintah pusat 2016-2018 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP.

Sementara untuk Pemerintah Daerah (Pemda) juga mencatat prestasi. Pemda dengan WTP berhasil ditingkatkan dari 47% di tahun 2014 menjadi 78% di tahun 2018.

BPK juga telah melaksanakan pemeriksaan
kesiapan implementasi Tujuan Pembangunan
Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Selain itu, BPK terus mendukung pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.