Jokowi Siapkan Dana Rp1,16 Triliun Bangun SDM

Jokowi Siapkan Dana Rp1,16 Triliun Bangun SDM

Jakarta — Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut, dalam RPJMN 2020-2024, terdapat Empat Projek Utama Pembangunan SDM dalam Pemerintahan jilid kedua mendatang. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah mempersiapkan dana sekitar Rp1,16 triliun guna pembangunan tersebut.

“Fokus pertama, Percepatan Penurunan Kematian Ibu dan Stunting. Kedua, Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0. Ketiga, Pembangunan Science Technopark (optimalisasi Triple Helix di 4 major Universitas). Selanjutnya keempat, Digitalisasi dan Integrasi Bantuan Sosial,” jelas Bambang di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bambang menambahkan, pemerintah telah memproyeksikan dana yang besar bagi empat projek utama ini dengan rincian Rp26 triliun untuk Percepatan Penurunan Kematian Ibu dan Stunting. Lalu Rp330,1 triliun untuk Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0.

Kemudian dana sejumlah Rp2,8 triliun untuk Pembangunan Science Technopark (optimalisasi Triple Helix di 4 major universitas). Terakhir yang terbesar sebanyak Rp803,93 triliun untuk Digitalisasi dan Integrasi Bantuan Sosial.

Adapun K/L (kementerian/lembaga) yang menjadi penyelenggaranya untuk projek utama pertama adalah Kemenkes; BKKBN; Kemdikbud; KPPPA; Kemsos; Kemenkominfo; Kemenag; dan Kementan.

Selanjutnya projek utama kedua akan dilaksanakan oleh Kemenko Ekonomi; Kemenko PMK; Kemendikbud; Kemenristekdikti; Kemenaker; Kemenperin; Kementan; Kemen ESDM; 11 KL lain. Sementara itu untuk projek utama ketiga akan dilakukan oleh Kemenristekdikti; IUI; ITB; UGM dan IPB. Project keempat atau yang terakhir akan dilakukan oleh Kemensos; Kemendikbud; Kemenag; Kemenristekdikti; KemenESDM. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.