Jokowi Resmi Lantik 6 Menteri Baru

Jokowi Resmi Lantik 6 Menteri Baru

Kondisi perekonomian yang saat ini mengalami kelesuan, membuat Presiden Jokowi merasa harus melakukan reshuffle Kabinet Kerjanya. Rezkiana Nisaputra

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi melakukan reshuffle Kabinet Kerja dan melantik 6 (enam) Menteri baru di Istana Negara. Reshuffle Kabinet Kerja Jokowi dilakukan sejalan dengan perekonomian nasional yang melambat dan tertekannya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Adapun 6 Menteri baru yang di lantik oleh Presiden Jokowi, yakni Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Rizal Ramli  sebagai Menko Kemaritiman, Pramono Anung sebagai Seskab, Sofyan Djalil Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong menjadi Menteri Perdagangan.

Dalam pelantikan tersebut, Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil yang di geser untuk menjadi Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago. Lalu Rizal Ramli menggantikan posisi Indroyono Soesilo sebagai Menko Kemaritiman, kemudian Pramono Anung menggantikkan Andi Widjajanto sebagai Seskab.

Selain itu, Thomas Lembong menggantikan Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan, dan Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko Polhukam menggeser Tedjo Edhy. Dengan adanya pelantikan 6 Menteri tersebut oleh Presiden Jokowi, diharapkan kinerja 6 Menteri baru ini dapat bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang menjabat sebelumnya.

Saat pelantikan berlangsung, Menteri-Menteri baru ini langsung bersumpah di depan hadapan Presiden Jokowi untuk dapat bekerja lebih maksimal lagi. Setelah sumpah jabatan dilakukan, lagu Indonesia Raya pun di lantunkan dan 6 Menteri dengan mengenakan jas hitam ikut bernyanyi sembari menundukkan kepala. (*)

@rezki_saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.