Jika BBM Tak Naik, Inflasi di Akhir Tahun Akan Sesuai Target

Jika BBM Tak Naik, Inflasi di Akhir Tahun Akan Sesuai Target

Harga BBM diharapkan tidak mengalami kenaikan sampai akhir tahun, sehingga inflasi akan terjaga di level 4±1%. Rezkiana Nisaputra

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan, laju inflasi hingga akhir 2015 akan sesuai dengan target pemerintah dan Bank Indonesia (BI) yang berada di kisaran 4±1%. Hal ini sejalan dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang menunjukkan deflasi sebesar 0,05% pada September 2015.

“Jelas akan turun, kalau boleh interval, kita optimis untuk mencapai target 4±1%, atau bahkan bisa kurang dari itu, artinya dalam target yg interval itu,” ujar Kepala BPS, Suryamin, di Gedung BPS, Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2015.

Menurutnya, tren laju inflasi di kisaran 4±1% akan terjaga jika pemerintah mampu menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan rumah tangga, seperti bahan pangan. Dengan begitu, maka inflasi akhir tahun akan terjaga pada level yang di inginkan oleh pemerintah dan BI.”Saya kira bisa tercapai (4±1%) asal terus dilakukan pemantauannya seperti utamanya bahan pangan seperti beras,” tukas Suryamin.

Selain itu, Suryamin juga berharap agar harga bahan bakar minyak (BBM) tidak mengalami kenaikan yang begitu tinggi hingga akhir tahun. Pasalnya, jika harga BBM terlalu tinggi akan berimbas kepada kenaikan harga kebutuhan rumah tangga. Hal ini akan berakibat pada menurunnya tingkat konsumsi masyarakat.

“Kalau BBM naik itu bisa lain lagi nanti inflasinya sampai akhir tahun, karena kedepan tidak ada kejadian-kejadian yang bisa menghambat pelonjakan harga saat lebaran. Kalau tahun baru dan natalkan masih bisa dikontrol,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.