Jamkrindo Optimis Realisasikan Target Penjaminan KUR 2018

Jamkrindo Optimis Realisasikan Target Penjaminan KUR 2018

Jakarta – Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) optimis kinerja tahun 2018 bisa lebih baik dari tahun depan.

Keoptimisan Jamkrindo bukan tanpa alasan, karena target Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditetapkan pemerintah saja sudah sangat besar.

Pemerintah mematok target KUR Rp120 triliun pada 2018. Dari jumlah tersebut, Jamkrindo mendapat tugas bisa melakukan penjaminan KUR sebesar 50% atau Rp60 triliun.

“Target KUR memang sangat besar, tapi kita 50%-50% dengan Askrindo. Kita optimis, karena berdasarkan pengalaman, dari target yang ditetapkan pemerintah, kita berhasil memberikan penjaminan untuk KUR hampir 100% dari porsi yang ditugaskan ke kita,” kata Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko Perum Jamkrindo, Rusdonobanu kepada Infobank, Kamis, 11 Januari 2018.

Keoptimisan lainnya lanjut Rusdonobanu, selain karena kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih positif, pembangunan infrastruktur akan tetap terus berjalan.

Tantangannya kini, bagaimana bank bisa menggenjot KUR ke sektor produktif lebih besar lagi. Peran perbankan dinilainya sangat besar akan hal itu, dan Jamkrindo lanjutnya tentu akan bekerja sama nantinya dengan bank.

Seperti diketahui, hambatan utama UMKM untuk naik kelas karena kurangnya pembiayaan. Meskipun tidak semua pelaku UMKM mau memanfaatkan kredit, namun dukungan pembiayaan bagi pengembangan UMKM perlu diperluas lagi.

Melihat kondisi tersebut, Jamkrindo pun optimis tahun depan bisa melakukan penjaminan kredit hingga sebesar Rp156,57 triliun.

Jumlah tersebut meningkat 15-20% jika dibandingkan dengan perolehan di periode sama tahun sebelumnya.

“Kita tetap optimis akan target itu. Volume penjaminan non KUR Rp106,57 triliun dan KUR Rp50 triliun,” tutup Rusdonobanu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.