Jamkrindo Bidik Volume Penjaminan Rp182,36 Triliun di 2019

Jamkrindo Bidik Volume Penjaminan Rp182,36 Triliun di 2019

Jakarta – Perum Jamkrindo memandang bisnis pada tahun 2019 sangat positif, pihaknya mengaku menargetkan volume penjaminan sebesar Rp182,36 triliun atau naik 16,5% dari RKAP tahun 2018 sebesar Rp156,6 triliun.

“Kalau kami optimistis bisa mencapai target volume penjaminan tersebut,” kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi di Kantor Pusat Jamkrindo, Selasa, 5 Maret 2019

Untuk mencapai target tersebut, berbagai strategi disiapkan mulai dari penguatan kompetensi sumber daya manusia, otomasi proses bisnis dengan meningkatkan kekuatan sistem manajemen operasional yang optimal, melakukan pengembangan produk yang memiliki nilai tambah, memperkuat penetrasi pasar dengan berbagai inovasi dan juga inisiatif sinergi dengan berbagai mitra bisnis perusahaan.

Pada tahun ini misalnya Perum Jamkrindo akan mengimplementasikan inovasi terbaru dalam bidang penjaminan dengan mengimplemtasikan marketplace guarantee atau MPG yang dapat menciptakan captive market penjaminan melalui peran perusahaan sebagai supplier database UMKM potensial yang layak kredit & layak jamin kepada mitra Penerima Jaminan.

“Jika kami dahulu model bisnisnya selalu follow the bank, tapi sekarang sudah berubah signifikan. Kami bisa sejajar,” ungkap Randi.

Produk untuk mendukung program pemerintah adalah penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR) sejahtera dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), dan penjaminan sistem resi gudang.

Adapun produk non-program adalah penjaminan kredit/pembiayaan umum, penjaminan kredit/pembiayaan mikro, penjaminan kredit/pembiayaan konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan kredit/pembiayaan multiguna, penjaminan distribusi barang, penjaminan bank garansi/kontra garansi, surety bond, penjaminan kredit BPR/BPRS, custom bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan invoice financing, penjaminan skema subsidi resi gudang, dan penjaminan fintech. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.