Ini Tanggapan Danamon Terkait Demo Pekerja Danamon

Ini Tanggapan Danamon Terkait Demo Pekerja Danamon

Jakarta–Hari ini para pekerja Danamon (PT Bank Danamon Indonesia)yang tergabung dalam Serikat Pekerja Danamon akan menyampaikan aspirasinya kepada manajemen Bank Danamon melalui aksi demonstrasi. Kegiatan yang rencananya dilakukan siang ini, di kawasan kuningan, Jakarta, akan mengorasikan sepuluh tuntutan yang mereka sebut dengan Sepultura (Sepuluh Tuntutan Rakyat) Danamon.

Menanggapi hal ini, pihak manajemen¬† mengaku siap menampung aspirasi para pekerjanya. Kepada Infobanknews, manajemen Bank Danamon yang diwakili oleh Muliadi Raharja selaku Wakil Direktur Utama mengaku telah terjalin komunikasi yang insentif yang difasilitasi oleh pejabat Kemenaker, termasuk, proses edukasi terkait dengan ketenagakerjaan. “Selanjutnya kami sedang dalam tahap perundingan untuk pembaruan PKB. Pada prinsipnya Manajemen senantiasa terbuka untuk berkomunikasi, termasuk mengkaji masukan-masukan dari pekerja maupun Serikat Pekerja” terang Muliadi melalui keterangan persnya kepada Infobanknews.

Bank Danamon lagi-lagi menegaskan bahwa pihaknya menghargai hak pekerja dan Serikat Pekerja dalam menyampaikan aspirasinya sepanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(Baca juga : Ini 10 Tuntutan Karyawan Danamon Yang Terancam di PHK)

Muliadi menambahkan, dalam menjaga kelangsungan bisnisnya, di tengah iklim usaha yang sangat kompetitif, Danamon terus melakukan transformasi bisnis melalui berbagai inisiatif, antara lain, restrukturisasi usaha, konsolidasi, dan lain sebagainya. Inisiatif tersebut, ujarnya, bisa berdampak kepada jaringan usaha dan juga pekerja.

Kendati demikian, dalam pelaksanaannya, Danamon senantiasa menjaga agar proses transformasi bisnis ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta menghormati seluruh hak-hak pekerja. “Bagi pekerja yang terkena dampak, Manajemen mengutamakan memberikan kesempatan pada posisi internal yang tersedia, memberikan pelatihan yang diperlukan, dan juga memberikan kesempatan kepada pekerja untuk mengajukan pensiun dini” jelas Muliadi.

Lebih lanjut, Muliadi memaparkan bahwa Danamon senantiasa patuh pada Peraturan Ketenagakerjaan yang berlaku. “Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pekerja sesuai dengan kondisi dan kemampuan Perusahaan,” tandasnya.

Pada hari ini (28/10) mulai pukul 13.00 WIB, karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Bank Danamon akan melakukan aksi demo dan 10 tuntutan kepada Manajemen Danamon yang akan akan dilakukan di sekitar kawasan Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Adapun 10 tuntutan yang diajukan sebagai berikut:

1. Stop PHK massal
2. Jangan rampok uang cuti
3. Tolak pengurangan dana pensiun DPLK Manulife
4. Hentikan training cara PHK Karyawan
5. Batalkan COCP, kembalikan COP + Pilihan
6. Kembalikan benefit asuransi
7. Tolak force rank/Sipasti
8. Gabungan T3K ke dalam gaji
9. Hentikan praktik perbudakan, lembur dan insentif tidak dibayar
10. Tolak outsorcing dan PKWT di Danamon. (*) Rezkiana Nisaputra

2 Responses to "Ini Tanggapan Danamon Terkait Demo Pekerja Danamon"

  1. Imam   October 28, 2016 at 10:15 am

    Itu tanggal berapa ya bpk muliadi R bilang begitu?

    Reply
  2. Pingback: Ini 10 Tuntutan Karyawan Danamon Yang Terancam di PHK | Infobanknews

Leave a Reply

Your email address will not be published.