Ini Keuntungan Menabung Emas

Ini Keuntungan Menabung Emas

Banyak orang memilih menabung emas. Selain harganya yang stabil, emas sangat mudah dijual bila butuh uang cepat. Apa saja keuntungannya?

Jakarta – Menabung emas natau logam mulia (LM) kelihatannya konvensional. Maklumlah tabungan emas sudah dilakoni oleh orang tua kita sejak dulu. Bahkan sudah ada sebelum macam-macam investasi yang ada saat ini.

Menabung emas saat ini sangat mudah. Pilihannya pun beragam. Bisa Anda pilih emas batangan mulai dari 1 gram, bisa juga Anda investasi dalam bentuk emas perhiasan. Tapi disarankan pilihlah emas batangan saja. Karena selain mudah dijual biasanya tidak akan terjadi penyusutan bila dijual kembali.

Ada beberapa keuntungan menabung emas terutama emas batangan. Satu, tidak terkena penyusutan dan harga relatif stabil. Biasanya emas batangan memiliki sertifikat resmi dari Antam sehingga  lebih terpercaya. Begitu pula ketika dijual sudah sangat terjamin keaslian dan kualitasnya.

Dua, cocok untuk investasi jangka panjang. Investasi emas sebaiknya jangka menengah atau panjang antara lima sampai sepuluh tahun.. Memang dalam beberapa tahun terakhir harga emas relatif stabil . Namun dalam jangka panjang, investasi emas tetap menguntungkan dan harga akan terus meningkat.

Tiga, mudah dijual. Tabungan emas bersifat likuid. Bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang, emas sangat mudah dijual. Tinggal bawa ke toko emas, terjadi kesepekatan harga seusi harga pasar saat itu, uang sudah langsung di tangan. Begitupula bila dijual ke Pegadaian, emas sangat mudah dijual dengan potongan harga yang teramat kecil.

Empat, Bebas Pajak dan “Aturan”. Tidak ada nominal pajak yang akan dibebankan kepada Anda atas kepemilikan tabungan emas. Sebanyak dan seberat apapun emas yang Anda punya, tidak akan ada pajak maupun peraturan (undang-undang) yang mengikat Anda. Hal ini tentulah berbeda dengan tabungan berbentuk uang tunai. Sudah siap menabung emas?(*)

Related Posts

News Update

Top News