Ini Daftar Asuransi dengan Produk Unit Link Terbaik Tahun 2019

Ini Daftar Asuransi dengan Produk Unit Link Terbaik Tahun 2019

JakartaMajalah Infobank dan Pasar Dana (PT Bina Investama Infonet) memberikan penghargaan “4th Infobank Unit Link Awards 2019” kepada 17 perusahaan asuransi di Jakarta, Kamis, 11 April 2019. Ke-17 perusahaan asuransi tersebut adalah pemilik 63 produk unit link dengan kinerja terbaik selama satu tahun, dua tahun, lima tahun, dan 10 tahun.

Pemberian penghargaan didasarkan pada hasil pemeringkatan produk unit link tahun 2019 yang dilakukan Biro Riset Infobank dan Pasar Dana terhadap seluruh produk unit link. Pemeringkatan dibagi dalam dua klasifikasi, yakni jenis aset investasi dalam portofolio unit link dan kinerja historis dalam periode penelitian.

Pertama, berdasarkan jenis aset investasi dalam portofolionya, unit link terbagi ke dalam empat jenis. Yakni, pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Kedua, kinerja historis dalam periode penelitian terbagi ke dalam empat periode pengamatan. Yakni, selama satu tahun, tiga tahun, lima tahun, dan 10 tahun.

“Indikator yang digunakan dalam pemeringkatan unit link ini adalah sharpe ratio, yakni berdasarkan perbandingan antara imbal hasil (return) dan risiko (return),” ujar Suryanto Wijaya, Direktur Utama Pasar Dana, saat memberikan kata sambutan.

Hasilnya, ada 63 produk unit link dari 17 perusahaan asuransi yang memiliki produk unit link dengan tingkat sharpe ratio tertinggi dengan predikat “Bintang 5”. Dari 63 produk unit link tersebut, termasuk di antaranya 15 produk unit link syariah.

“Tujuan pemeringkatan ini adalah untuk memberikan informasi sekaligus sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi nasabah maupun calon nasabah dalam memilih produk unit link terbaik berdasarkan evaluas kinerja historis,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, saat memberikan kata sambutan.

Majalah Infobank sebagai media yang selalu memberikan dukungan bagi tumbuh-kembang industri jasa keuangan dan perbankan merasa perlu memberikan apresiasi atas kinerja manajemen asuransi dalam mengelola produk unit link-nya.

“Semoga, dengan pemberian penghargaan untuk keempat kalinya ini, akan memacu industri asuransi jiwa dalam mengelola bisnis unit link,” tegasnya.

Berikut ini 17 perusahaan asuransi peraih penghargaan “Infobank 4th Unit Link Awards 2019”:

1. AJ Central Asia Raya dengan 25 produk kategori bintang 5
2. Asuransi Simas Jiwa – 5 produk berbintang 5
3. Equity Life Indonesia – 4 produk
4. Prudential Life Assurance – 3 produk
5. Sun Life Financial Indonesia – 3 produk
6. Sequis Life – 3 produk
7. Tokio Marine Life Insurance – 3 produk
8. Asuransi Allianz Life Indonesia – 3 produk
9. BNI Life Insurance – 2 produk
10. Wanaartha Life – 2 produk
11. Panin Dai-Ichi Life – 2 produk
12. AXA Mandiri Financial – 2 produk
13. Asuransi Jiwa Sinar Mas MSIG – 2 produk
14. Capital Life Indonesia – 1 produk
15. AIA Financial – 1 produk
16. AJ Manulife Indonesia – 1 produk
17. AJ Generali Indonesia – 1 produk (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.