Ini 5 Masalah yang Gerogoti BPR Secara Internal

Ini 5 Masalah yang Gerogoti BPR Secara Internal

Jakarta–Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) saat ini masihmenghadapi beberapa permasalahan, baik dari sisi internal dan eksternal. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad dalam Seminar Kajian Pengembangan Produk dan Layanan Serta Strategi Branding Brand BPR di hotel Aryaduta, Jakarta, Senin, 10 Juli 2017.

“Masih terdapat beberapa permasalahan yang masih dihadapi BPR dari sisi internal maupun eksternal. Internal sendiri masih terdapat 5 permasalahan mendatang,” tukaas Muliaman.

Dari sisi internal, ia mengungkapkan, di antaranya adalah keterbatasan modal, tata kelola (Good Corporate Governance-GOG), kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM), biaya dana mahal yang berdampak pada suku bunga, serta produk dan layanan yang belum variatif.

Selain itu Muliaman menambahkan, dari sisi eksternal sendiri tantangan yang dihadapi adalah persaingan yang semakin meningkat. Saat ini segmen mikro dan kecil yang selama ini merupakan target pasar BPR juga dilayani oleh lembaga jasa keuangan lain selain bank seperti Lembaga Keuangan Mikro (LKM), Koperasi Simpan Pinjam, credit union, dan Fintech. Sehingga persaingan pada sektor mikro dan kecil menjadi sangat ketat.

Dalam rangka menjawab permasalahan tersebut, OJK menerbitkan rangkaian ketentuan yang memperkuat pengaturan kelembagaan, prudential banking, teknologi informasi, manajemen risiko dan tata kelola (GCG), dan kegiatan usaha yang sesuai dengan kapasitas permodalan BPR, serta kajian pengembangan produk dan layanan serta strategi branding BPR. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2

304 total views, 16 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.