Industri Modal Ventura Dirilis Awal 2016

Industri Modal Ventura Dirilis Awal 2016

Industri modal ventura perlu direvitalisasi untuk mendukung pertumbuhan wirausaha pemula. Ria Martati

Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera merevitalisasi industri modal ventura. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 1 Dumoly F. Pardede mengatakan, pada awal 2016 nanti OJK akan meluncurkannya.

“Sebentar lagi kita akan launching moderinasi modal ventura di Indonesia model yang dimiliki kelak akan berubah signifikan dengan yang dimiliki sebelumnya kami diberi waktu untuk kerja sama dan bertukar pikiran dengan temen perpajakan untuk pengembangan modal ventura ini,” kata Dumoly di Jakarta, Kamis 17 September 2015.

Dumoly mengatakan pengembangan modal ventura diperlukan untuk mengembangkan bisnis para pengusaha pemula (start up). Pasalnya, bisnis modal ventura berperan dalam memberikan permodalan bagi para pengusaha pemula.

“Pengembangan modal ventura ini sangat penting, diharapkan oleh start up bisnis, UMKM di Indonesia, butuh waktu sedikit lagi kami akan kembali ke Dewan Komisioner, minta persetujuan kami harap tahun 2016 kami launching,” tambahnya.

Sebelumnya, Anggota Dewan Komisioner OJK Firdaus Djaelani mengatakan OJK menyiapkan aturan untuk modernisasi modal ventura yang mencakup empat hal. Pertama perluasan sumber pendanaan, pasalnya saat ini PMV mendapatkan pendaan dari pinjaman dan lembaga lain yang  memberatkan. Selain itu, pendanaan dari pinjaman mengurangi keleluasaan bagi PMV untuk memberikan pembiayaan bagi pengusaha pemula yang mungkin belum memberikan return pada awal-awal pendiriannya. Untuk mengatasi itu, OJK mengkaji dibukanya pengelolaan dana melalui venture fund. Venture fund tersebut diharapkan dapat mengelola dana dari investor profesional seperti perusahaan asuransi, dana pensiun dan investor perorangan dengan tenor lebih panjang. Selain venture fund, sumber pendanaan yang dikaji lebih lanjut adalah melalui crowdfunding.

Kedua, perluasan kegiatan usaha. OJK menurutnya mengkaji kegiatan usaha lain bagi PMV seperti kegiatan penyediaan jasa pendampingan berbasis komisi. Kegiatan usaha PMV menurutnya perlu diperluas karena kegiatan penyertaan saham (equity participation) memiliki tingkat risiko yang tinggi. Dengan kegiatan usaha tambahan tersebut PMV dapat memperoleh penghasilan berkala yang berkesinambungan sambil menunggu return dari penyaluran equity participation.

Cakupan aturan ketiga adalah tentang proses divestasi bagi industri modal ventura. Saat ini dengan tidak adanya bursa saham level kedua (secondary board capital market) proses divestasi umumnya dilakukan melalui pengalihan pada investor strategis, penjualan kembali pada Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) atau melalui Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Melihat karakteristik pengusaha UMKM yang dibiayai PMV diperlukan saham level kedua sebagai wadah IPO bagi pelaku usaha sebagai alternatif divestasi penyertaan saham PMV pada PPU-nya.

Keempat, penguatan permodalan industri modal ventura. OJK tengah mengkaji kenaikan syarat minimal permodalan PMV yang saat ini Rp 10 miliar untuk swasta nasional dan Rp30 miliar bagi PMV patungan menjadi Rp50 miliar hingga Rp100 miliar. (*)

6 Responses to "Industri Modal Ventura Dirilis Awal 2016"

  1. Herman   03/02/2016 at 04:51

    Halo teman-teman, saya di sini untuk berbagi beberapa informasi penting tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari sebuah organisasi pinjaman Islam yang berbasis di Italia pekan lalu sehingga orang saya di Indonesia yang mungkin membutuhkan pinjaman tahun baru ini 2016 untuk memulai bisnis atau melakukan lainnya hal dapat menemukan tempat yang dapat diandalkan untuk mendapatkan pinjaman, Sebenarnya, saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa mendapatkan pinjaman dari setiap online atau internet pemberi pinjaman karena saya selalu berpikir mereka semua penipuan. Tapi cerita berubah dua minggu lalu ketika seorang teman bercerita tentang bagaimana dia mendapat pinjaman usaha dari mereka. Bahkan ketika saya merasa sulit untuk percaya, tapi aku berkata pada diriku sendiri aku harus mencoba dan melihat apa yang akan terjadi dan saya mendaftar untuk pinjaman sebesar $ 70,000 USD. Saya menghubungi mereka. Saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan saya menerima pinjaman setelah 3 hari. Satu hal yang saya suka tentang mereka adalah bahwa semua proses mereka sederhana dan jelas. Tidak ada biaya tersembunyi. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya karena saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Staf mereka adalah orang-orang yang memiliki rasa takut akan Tuhan. Jadi, saudara-saudara saya di rumah dan di luar negeri, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk saran Anda untuk menghubungi mereka segera melalui email di (islamiccreditunion@gmail.com) dan salah satu staf mereka akan segera merespon Anda. Silakan berbagi informasi ini sehingga orang lain dapat mengetahui tentang mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut dari saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari mereka, jangan ragu untuk menghubungi saya di email pribadi saya melalui herman228811@gmail.com Semoga Mahakuasa Allah memberkati tahun baru ini untuk kita.

    Reply
  2. Mr Jones   27/03/2016 at 06:55

    Hello, saya Encik JONES CHRIS, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman peluang seumur hidup. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda atau anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda? Anda telah ditolak oleh bank-bank dan institusi kewangan lain? Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan atau gadai janji? mencari lebih banyak kerana kita berada di sini untuk membuat semua masalah kewangan anda satu perkara yang telah lalu. Kami memberikan pinjaman dana kepada individu yang memerlukan bantuan kewangan, yang mempunyai kredit yang buruk atau memerlukan wang untuk membayar bil, untuk melabur dalam perniagaan pada kadar 2%. Saya mahu menggunakan medium ini untuk memberitahu anda bahawa kami memberikan bantuan yang boleh dipercayai dan benefisiari dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel di: joneschrisloan@gmail.com)

    Reply
  3. Ratu Untung   10/05/2016 at 01:17

    Ramai di antara kita mencari pinjaman kedua-dua di internet dan jalan, dan ramai yang berakhir mendapat apa-apa, beberapa akhir sehingga ditipu. Adakah anda berhenti untuk bertanya kepada diri sendiri mengapa?
    Mengapa orang lain mempunyai pinjaman dan anda tidak?
    Mengapa orang lain membayar hutang mereka dengan pinjaman cepat dan anda akhirnya memiliki lebih?
    Mengapa individu, pelabur, ahli perniagaan, usahawan e.t.c mendapatkan modal kerja cepat dan anda akhirnya mendapat apa-apa?

    Untuk semua soalan-soalan ini, hanya ada satu jawapan, iaitu anda sedang mencari untuk pinjaman dari sumber yang salah.
    Sumber saya sendiri adalah Clara Pinjaman, dan bersyukur kepada Allah, saya berjaya akhirnya, saya mendapat pinjaman yang saya cari selama ini untuk meningkatkan perniagaan saya.
    Mereka membantu saya dengan faedah pinjaman 3% dari Pejabat Serantau Asia mereka.
    Hubungi mereka sekarang untuk pinjaman yang anda mengidamkan dan mereka tidak akan mengecewakan anda:

    E-mel: Claraloan@financier.com
    Tel: +15104174282

    Reply
  4. Mr jude   24/07/2016 at 14:55

    Halo untuk siapa pun yang membaca artikel ini, Nama saya Jude El nino dari sebagian Spanyol dan Indonesia, namun dibesarkan di Filipina, di mana hal-hal yang begitu keras, perekonomian sangat buruk, saya ingin memulai sebuah pabrik susu tapi tidak ada modal untuk memulai proyek ini besar dan mimpi, dan tuntutan Bank t collecterial, jadi saya memutuskan untuk melihat secara online sampai saya bertemu beberapa perusahaan scammed, jadi saya hampir menyerah sampai aku melihat sebuah artikel dari seseorang yang bersaksi tentang perusahaan Mr. Dangote Loan di awalnya saya pikir itu sama dengan perusahaan orang lain penipuan jahat dari uang thier kecil, tapi aku mengumpulkan keberanian untuk mengikuti kebijakan mereka dan sekarang aku CEO perusahaan susu waktu kecil dengan setidaknya 12 pekerja dan saya melakukannya dengan baik, berdoa untuk memperluas, jadi saya akan ada yang membaca besar untuk memiliki iman dan buru-buru untuk menerapkan pinjaman dari Mr Dangote Via Dangotegrouploandepartment@gmail.com dan tingkat bunga hanya 1,5% dan pastikan ketika Anda mendapatkan pinjaman Anda Anda membayar intallment bulanan Anda tanpa delay, berharap untuk yang terbaik bahwa Anda juga dapat menghubungi saya via judeelnino@gmail.com .

    Reply
  5. rose anna   26/09/2016 at 21:16

    Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi kami hari ini melalui e-mel di: (roseannamoore70@gmail.com)

    Reply
  6. nelly   09/11/2016 at 00:58

    Halo, Saya Ibu Nelly Indah, sebuah perusahaan pemberi pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman di tingkat bunga yang hanya 2%. kami menawarkan, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, modal bisnis, pinjaman swasta etc untuk individu dan perusahaan yang dalam kesulitan keuangan di bawah dan yang jelas dan mudah dimengerti ketentuan pinjaman. Hubungi kami pada hari ini melalui email sehingga kami dapat memberikan anda syarat dan ketentuan pinjaman kami : (nellyperious@gmail.com)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.