Dampak Global, IHSG Diprediksi Terkoreksi ke Level 4.700

Dampak Global, IHSG Diprediksi Terkoreksi ke Level 4.700

IHSG yang diperkirakan bakal terkoreksi ke level 4.700 tersebut hanyalah bersifat sementara. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–Dampak gagal bayar utang Yunani dan rontoknya indeks harga saham beberapa bursa di dunia seperti China, Jepang dan Amerika Serikat, diperkirakan akan ikut menekan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Menurut Kepala Riset Bloomberg Indonesia, Arwani Pranajaya, dampak psikologis fenomena tersebut akan menekan IHSG selama sebulan ke depan. Pasalnya, IHSG saat ini belum pada titik terendah, “IHSG masih akan terkoreksi ke level 4.700-an,” ujarnya di Jakarta, Kamis malam, 9 Juli 2015.

Dia mengungkapkan, jika kondisi IHSG mengalami tekanan akibat dampak dari situasi global, maka saham-saham dari sektor konsumer dianggap cukup bisa diandalkan dalam menahan laju penurun lebih dalam lagi. Akan tetapi kondisi ini hanya sebagai bentuk defense saja.

“Saham yang mampu untuk defense ini dari konsumer berbasis komoditas seperti berbahan baku Jagung dan beras,” tukas Arwani.

Kendati seperti itu, IHSG yang diperkirakan bakal terkoreksi ke level 4.700 tersebut hanya bersifat sementara. Dia menilai, setelah sebulan dilewati maka akan terjadi siklus pembalikan ke level yang lebih baik, karena adanya faktor sentimen positif yang terjadi.

Namun demikian, pihaknya tidak bisa merinci lebih jauh lagi, faktor apakah yang akan menjadi sentimen positif tersebut. Dengan kondisi saat ini, dia juga memperkirakan, bahwa calon emiten yang akan melakukan initial public offering (IPO)  akan cenderung menahan diri.

“Jadi saya rasa ini sulit untuk mencapai target bursa yang mematok 32 emiten di tahun 2015 ini,” tutup Arwani. (*)

@rezki_saputra

Related Posts

News Update

Top News