IHSG Diperkirakan Cenderung Menguat

IHSG Diperkirakan Cenderung Menguat

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 15,86 poin atau 0,33% ke level 4.797,154 pada perdagangan Rabu, 30 Maret 2016.

Indeks berhasil naik seiring penguatan bursa global dimana bursa AS ditutup menguat semalam, dengan indeks S&P 500 mencetak rekor tertinggi di 2016.

Mengutip Riset Samuel Sekuritas Indonesia, kenaikan ini terjadi pasca gubernur The Fed, Janet Yellen, kembali memberikan pernyataan bernada dovish dimana The Fed akan lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan menaikkan suku bunga seiring resiko di perekonomian global.

Hal ini membuat bursa AS yang awalnya dibuka melemah ditutup menguat dengan Dow +0,56% dan S&P 500 +0,88%.

Sementara harga minyak dunia bergerak melemah kemarin ke level USD38,3/barel (-2,8%) diikuti harga metal dunia seperti Nikel (-2,3%) dan Timah (-2,9%). Sementara EIDO menguat 1,3% semalam.

Pagi ini, mayoritas bursa Asia kecuali bursa Jepang dibuka menguat seiring membaiknya sentimen pasca pernyataan dovish dari Janet Yellen.

IHSG sendiri diperkirakan akan bergerak menguat hari ini seiring membaiknya sentimen di bursa global dan nilai tukar Rupiah yang dibuka menguat pagi ini ke level Rp13,365/USD. (*) Dwitya Putra

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News