Global Tertekan, IHSG Dibuka Naik 14 Poin

Global Tertekan, IHSG Dibuka Naik 14 Poin

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini dibuka naik 14,36 poin atau 0,27% ke level 5.424,66 pada perdagangan Selasa, 10 Oktober 2016. Sementara indeks LQ45 bergerak naik 3,62 poin atau 0,39% ke level 936,869.

Indeks berhasil naik pagi ini di tengah kondisi bursa global mengalami tekanan. Hal ini dipicu optimisme pasar setelah beberapa hari lalu indeks cukup panjang terkoreksi.

Mengutip riset Samuel Sekuritas Indonesia, Bursa AS sendiri ditutup melemah tipis, setelah beberapa pernyataan yang saling bertentangan mengenai kenaikan suku bunga dari beberapa pejabat The Fed  yang menambah ketidakpastian di pasar.

(Baca juga : 2017, Bursa Targetkan Jumlah Saham Bertambah Rp100 Triliun)

Sama halnya, bursa Eropa ditutup melemah setelah data imbal hasil obligasi sudah mulai naik, hal ini menunjukkan bahwa inflasi kembali naik sehingga membuat pasar kehilangan appetite.

Saat ini fokus investor terletak pada keputusan  kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) dan The Fed. Harga minyak kembali  melemah setelah anggota OPEC menambah pasokan dan produsen AS meningkatkan aktivitas pengeboran.

IHSG sendiri diperkirakan masih ada ruang untuk penguatan di tengah berkurangnya tekanan dari  eksternal. Selain itu, Rilisnya data perekonomian domestik terkait neraca perdagangan menjadi sentiment positif untuk IHSG. Rupiah hari ini juga berpeluang  menguat di tengah pelemahan Dolar AS. (*) Dwitya Putra

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News