IBEX 2019, Perbanas Usung Tema “Consolidate to Elevate”

IBEX 2019, Perbanas Usung Tema “Consolidate to Elevate”

Jakarta – Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) akan kembali menggelar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019, pada hari Rabu, 6 November 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta. Setiap tahunnya, IBEX mengusung tema yang berbeda-beda. Tahun ini, tema yang diangkat, yakni “Consolidate to Elevate”.

Ketua Steering Committee IBEX 2019, Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, melalui tema tersebut, Perbanas akan memberikan rekomendasi pokok pokok pemikiran layanan jasa keuangan di tanah air dalam menghadapi perubahan saat ini dan masa depan kepada key stakeholders terkait industri perbankan, konsolidasi di sektor keuangan dan bisnis fintech untuk menciptakan ekosistem keuangan yang kuat, efektif dan efisien di masa depan.

“Dari pembahasan sesuai tema nantinya, diharapkan seluruh pemain bisnis di sektor jasa keuangan Indonesia berusaha meningkatkan peran serta untuk membangun dan meningkatkan perekonomian tanah air kedepannya,” ujarnya, Senin (04/11).

Siddik menambahkan, penyelenggaraan IBEX telah berjalan selama 7 kali sejak 2011. Pada tahun ini, Perbanas juga mengundang industri asuransi, multi-finance, perusahaan pembayaran dan perusahaan fintech untuk berpatisipasi dalam forum diskusi.

Tidak seperti IBEX tahun-tahun sebelumnya yang hanya berupa seminar, tetapi IBEX 2019 juga akan memberikan sumbangsih mengenai peluang dan strategi layanan keuangan di nusantara di masa depan agar semakin berperan dan berkontribusi dalam mendorong perekonomian nasional.

Bentuk sumbangsih tersebut, lanjut Siddik, akan diberikan dalam bentuk rekomendasi pokok-pokok pemikiran Industri Keuangan Indonesia 2025, yang disusun oleh Perbanas. Selain bank, penyusunan buku rekomendasi tersebut juga melibatkan payment system, fintech, multi-finance, asuransi dan industri jasa keuangan lainnya lewat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar pada September – Oktober 2019.

IBEX 2019, direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo serta akan dihadiri juga oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng, dan Komisioner OJK, Heru Kristiyana yang nantinya akan membahas berbagai topik seperti “The indispensable roles of financial services to the nation”,”Inside Indonesia: Rethinking the social contract of financial services”, “Future of regulations” dan “a global view: Mastering the new realities in financial services”.

Selain itu, pada penyelenggaraan IBEX 2019, juga akan dilakukan sejumlah diskusi panel terkait Indonesia Banking 2025, The great debate between traditional banks, digital upstarts and investors, remaking the bank for ecosystem world and future of banking serta future of payments.

Diskusi panel tersebut akan diisi oleh para leader di industri keuangan seperti Direktur Utama Bank BRI, Sunarso, CEO Maybank Indonesia Taswin Zakaria, CEO Bank BCA Jahja Setiaatmadja, Komisioner OJK Heru Kristiyana, Global Head Strategy Paypal Alfonso Villanueva, Managing Director DBS Pearlyn Phau, President Traveloka Henry Hendrawan, CEO One Connect Financial Technology Bin Ru. (Ayu Utami)

Leave a Reply

Your email address will not be published.