HUT RI: BTN Lakukan Bedah Rumah Veteran di Papua

HUT RI: BTN Lakukan Bedah Rumah Veteran di Papua

Seluruh BUMN di wilayah Papua diajak ikut berpartisipasi dalam membangun masyarakat lokal untuk mandiri. Paulus Yoga

Jayapura, Papua–Hari ini bertempat di GOR Cendrawasih, Jayapura, Papua, PT Bank Tabunga Negara (Persero) Tbk (BTN) menyelenggarakan upacara bendera memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Seluruh BUMN yang ada di wilayah Papua menyelenggarakan uapacara tersebut di tempat yang sama. Direktur Utama Bank BTN Maryono bertindak sebagai inspektur upacara.

“Ini adalah puncak rangkaian kegiatan HUT RI sesuai arahan Menteri BUMN kami menjadi koordinator untuk wilayah Papua bersama PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero),” ucap Maryono usai memimpin upacara tersebut di GOR Cendrawasih, Jayapura, Senin, 17 Agustus 2015.

Bank BTN mendapat penugasan wilayah perbatasan Indonesia yang tergolong masih rawan konflik. “Tetapi kami datang sebagai putra bangsa yang ingin bersama-sama membangun Papua. Oleh karena itu BUMN yang berada di wilayah Papua ingin menunjukkan bahwa kami hadir untuk membangun wlayah ini,” tutur Maryono.

Banyak kegiatan sosial yang dilakukan dalam rangka HUT tersebut yang semuanya diarahkan untuk perbaikan ekonomi masyarakat Papua. BTN sendiri menggelar bantuan ‘bedah rumah’ untuk anggota veteran.

Pada kesempatan itu, kata Maryono, Bank BTN memberikan bantuan untuk melakukan bedah rumah bagi 45 veteran dengan total bantuan mencapai Rp900 Juta. Selain itu Bank BTN juga memberikan bantuan penyediaan atau perbaikan sarana laboratorium di 17 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan peningkatan sarana perpustakaan di 8 SD Negeri.

Bank BTN juga memberikan bantuan sembako di 17 wilayah dengan pembagian masing-masing wilayah disiapkan 170 paket sembako. Semua bantuan ini diserahkan dan prioritas untuk masyarakat wilayah Papua. “Kami bangga menjadi bagian dalam mengembangkan wilayah ini,” tegas Maryono.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan total anggaran sekitar Rp3,5 miliar untuk kegiatan BUMN hadir untuk negeri di wilayah Papua ini. Walaupun tidak besar untuk dapat mengubah dalam waktu cepat, lanjut Maryono, ini adalah satu komitmen untuk dapat dilakukan bukan hanya pada moment HUT RI ini saja.

“Program ini merupakan program lanjutan untuk bagaimana BUMN di wilayah Papua terus mengawal implementasinya sehingga BUMN benar-benar ada membawa manfaat di Papua, jelas Maryono.

Maryono menambahkan, Bank BTN sebagai bagian dari BUMN, senantiasa terlibat aktif dalam program sosial di berbagai daerah. Hal ini sejalan dengan program kementerian BUMN hadir untuk negeri. (*)

@bangbulus

Related Posts

News Update

Top News