Hingga Maret, Jamkrindo Sudah Jamin KUR Rp9 Triliun

Hingga Maret, Jamkrindo Sudah Jamin KUR Rp9 Triliun

Jakarta–Bisnis penjaminan kredit Perum Jamkrindo terus mengalami peningkatan. Termasuk dari program kredit usaha rakyat (KUR) yang dimulai lebih cepat tahun ini.

Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo, Bakti Prasetyo mengatakan, sampai dengan pertengahan Maret 2016, pihaknya sudah menjamin KUR yang mencapai kisaran Rp9 triliun.

Tahun ini, dia menyebut program KUR berjalan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Sampai akhir Desember 2016 nanti, target volume KUR yang dijamin Jamkrindo mencapai Rp50 triliun.

“Sampai kemarin, ya pertengahan bulan Maret ini sudah Rp8,9 triliun, ya tarulah Rp9 triliun,” ujar Bakti di Jakarta, Jumat, 18 Maret 2016.

Sedangkan sampai akhir tahun ini target volume penjaminan Jamkrindo dipatok mencapai Rp115 triliun. “Untuk yang non-KUR sudah Rp10 triliun total penjaminannya sampai pertengahan bulan ini,” ucapnya.

Jamkrindo terus berupaya melakukan berbagai strategi untuk bisa menyasar penjaminan KUR ke sektor lain, seperti sektor kemaritiman. Hal ini sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)‎.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S Anwar pernah mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah dengan menambah jumlah lembaga penyalur KUR pada 2016.

“Saya rasa dengan semakin banyak peserta penyaluran KUR, bahkan melibatkan multi finance‎, saya pikir target itu bakal bisa dicapai,” papar Diding.‎ (*)

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.