Himbara Punya Switching Sendiri, Ini Tanggapan BCA

Himbara Punya Switching Sendiri, Ini Tanggapan BCA

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengaku tak khawatir nasabahnya akan berpindah ke bank-bank BUMN lantaran Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) telah memiliki perusahaan switching melalui PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN) dengan biaya transaksi yang lebih murah.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, di Jakarta, Selasa, 20 Juni 2017 mengatakan, pihaknya memiliki keunggulan sendiri untuk menyediakan transaksi murah bagi nasabah. Sedangkan bank-bank lain melakukan kerja sama dengan Visa dan Mastercard sehingga para nasabah dikenakan biaya.

“ATM kita itu sebenarnya bisa digunakan sebagai debit card itu tidak dikenakan biaya sama sekali. Di luar BCA mereka belum punya, jadi mereka gandeng Visa dan Mastercard jadi setiap transaksi kena biaya,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, bahwa sebenarnya biaya yang dibebankan kepada nasabah untuk transaksi tersebut tidak ada alias free. Namun jika pun ada, maka biaya itu harus dibagi ke beberapa perusahaan mulai dari switching, acquiring bank, hingga issuer kartu tersebut.

“Sekali gesek itu ada bayar issuer ke yang keluarin kartu, ke yang punya mesin, dan ada lagi untuk yang macam marchant diskon. Kalau kita kenakan, tidak terkena marchant diskon itu. Kalau debet card BCA tidak bayar apa-apa ke merchant cuma pindah rekening saja mereka,” ucap dia.

Sebagai informasi, Himbara resmi memiliki perusahaan switching melalui PT JPN. Proses perizinan principal JPN untuk melayani nasabah empat bank BUMN bahkan telah mendapatkan izin prinsipal dari pihak Bank Indonesia (BI) selaku regulator di sistem pembayaran.

Dengan adanya izin tersebut maka JPN bisa melayani interkoneksi pada sistem pembayaran bank Himbara sehingga lebih efisien dari segi biaya yang dikeluarkan. Bukan hanya untuk penggunaan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tetapi juga bisa digunakan di EDC empat bank tersebut. (*)

Related Posts

News Update

Top News