Habiskan 9 Hari, Ini Destinasi Obama di Indonesia
Page 2

Habiskan 9 Hari, Ini Destinasi Obama di Indonesia

Di hari hari terakhirnya dirinya menyempatkan bertemu dengan presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan yang dibalut dengan suasana santai itu, Jokowi dan Obama membahas hal penting. Obama mengaku cukup mengenal baik seorang Jokowi. Meski, keduanya baru beberapa kali bertemu secara langsung.

Pertemuan yang berlangsung satu jam tersebut diisi dengan jamuan khas nusantara. Jajanan pasar, seperti onde-onde, talam ubi, kue mangkuk, dan panada cakalang, termasuk secangkir teh hangat menemani obrolan hangat mereka.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Obama juga menyempatkan diri untuk menjadi pembicara pada 4th Congress of Indonesian Diaspora atau Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Pidato Obama di kegiatan tersebut juga merupakan kali pertama ia berbicara di hadapan publik di kawasan Asia, setelah meninggalkan kursi kepresidenan Gedung Putih pada Januari 2017 lalu. Banyak pesan dan kesan yang disampaikan Barack Obama terkait dengan Indonesia. Di antaranya tentang tantangan yang harus dihadapi Indonesia maupun dunia. Tantang tersebut seperti diskriminasi terhadap mereka yang berbeda, marginalisasi, persoalan ekonomi, hingga ancaman terorisme.

“Kita harus berpikiran baru, bekerja sama. Untuk beradaptasi, menghadapi perubahan, menghargai ide-ide universal, dan kita harus menghadapi ketakutan dengan harapan,” kata Obama dalam pidato pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-4, Sabtu 1 Juli 2017.

Setelah mendatangi Indonesia, Obama melanjutkan pelesirannya ke korea selatan melalui bandara Halim Perdana Kusuma pada Minggu 2 Juli 2017. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News