Gubernur BI Serahkan Bantuan Sosial di Balikpapan

Gubernur BI Serahkan Bantuan Sosial di Balikpapan

Total Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) PSBI bidang energi yang diserahkan Rp5 miliar, dan dalam bentuk BI Corner Rp320 juta yang disalurkan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Ria Martati

Balikpapan–Gubernur Bank Indonesia (BI) menyerahkan berbagai bantuan sosial dalam kunjungannya di Balikpapan, Kalimantan Timur Senin 10 Agustus 2015.

Dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) itu, Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo antara lain menyerahkan bantuan berupa penyediaan energi listrik terbarukan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk warga di Desa Sekerat, Kec. Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Desa Sekerat dihuni oleh 688 Kepala Keluarga (KK), yang terdiri dari 4 (empat) dusun, yaitu:  Dusun Sekerat Pantai (133 KK),  Dusun Mampang (108 KK),  Dusun Sekurau Bawah (256 KK),  Dusun Sekurau Atas (191 KK).

“Sampai saat ini, penduduk di Desa Sekerat belum terlayani oleh listrik PLN dan masih menggunakan Genset berbahan bakar solar secara swadaya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 10 Agustus 2015.

Bantuan listrik energi terbarukan (PLTS) ini sekaligus diharapkan akan mendukung pengembangan wilayah Desa Sekerat sebagai destinasi Ekowisata yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Pada hari yang sama Gubernur BI juga melakukan penyerahan bantuan fasilitas BI Corner di STIKOM Balikpapan. BI Corner merupakan ruang baca yang berisi berbagai buku dan literatur berkualitas dari dalam dan luar negeri, khususnya di bidang ekonomi. Dalam jangka waktu dekat, ada 3 BI Corner lainnya yang akan dibangun di Kalimantan Timur, yaitu: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani, Balikpapan, Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Perpustakaan Daerah Kota Tarakan.

Program BI Corner dibentuk atas dasar kesadaran mengenai perlunya meningkatkan pengetahuan dan mendukung pendidikan masyarakat Indonesia. Selain tersaji dalam bentuk cetak, masyarakat dapat menikmati beragam informasi dalam bentuk digital serta audio visual. Selain menyediakan pustaka terkini, BI Corner hadir dengan program-program menarik seperti diskusi dan bedah buku serta bincang santai terkait ekonomi.

Hingga saat ini, telah terdapat beberapa BI Corner yang telah dibentuk, yaitu Perpustakaan Daerah Banyumas, Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Perpustakaan Provinsi NTB, dan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan. Sepanjang tahun 2015, rencananya 100 BI Corner akan dihadirkan di perpustakaan universitas dan sebagian perpustakaan daerah di seluruh penjuru Indonesia. Dalam lima tahun ke depan, 1000 BI Corner ditargetkan hadir di seluruh level pendidikan, mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi.

Hari sebelumnya Minggu 9 Agustus 2015, Gubernur BI juga melakukan kunjungan ke Bontang, Kalimantan Timur dan meluncurkan 3 program PSBI yakni,  pembangunan instalasi pengelolaan air minum di Pulau Gusung. Pulau Gusung merupakan tempat tinggal 77 kepala keluarga (KK), atau 300 penduduk dewasa dan anak-anak. BI merencanakan program pembangunan instalasi pengelolaan air bersih senilai Rp400 juta, yang mencakup pengadaan kapal pengangkut air dengan kapasitas 6m3, pembangunan tangki hidran umum di dermaga Guntung dan dermaga Pulau Gusung, sehingga memudahkan distribusi air bagi mayarakat.

Program kedua adalah renovasi sekolah di Melahing. Program ketiga yaitu pembentukan area hutan kota (urban forest) di Desa Guntung sebagai daerah yang tempat kegiatan perusahaan di bidang pertambangan dan energi, sangat penting bahwa Kota Bontang memiliki area terbuka hijau yang proporsional. Salah satu rencana Pemerintah Kota Bontang dalam mengembangkan area terbuka hijau adalah dengan menjadikan kawasan seluas 2 hektar di Desa Guntung sebagai hutan kota. (*)

@ria_martati

Related Posts

News Update

Top News