Gerakan Pemuda Tani Bantu Percepatan Swasembada Pangan

Gerakan Pemuda Tani Bantu Percepatan Swasembada Pangan

Bone — Peran pemuda memajukan pertanian di Indonesia makin nyata. Salah satunya adalah yang dilakukan Gerakan Pemuda Tani (Gempita) di Kabupaten Bone, Sukawesi Selatan. Merreka memfasilitasi bantuan kementerian pertanian berupa bibit jagung hibrida sebanyak 345.000 kg salah satunya kepada kelompok tani di sana.

Pemberian benih jagung tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kordinator Daerah (Korda) Gempita Bone, A Muh Zaidil. Acara pemberian bibit juga dihadiri Kepala Desa Lamakkaraseng, A Elleng, Koordinator Gernas Gempita, A Anugrah Wijaya, yang disaksikan Babinsa setempat dan Dinas Pertanian Kabupaten Bone.

Menurut A.Anugrah, Kegiatan ini merupakan bagian pelibatan pemuda dalam program percepatan swasembada pangan yang dilakukan Kementerian Pertanian RI bekerjasama Pemerintah Kabupaten Bone. Percepatan swasembada pangan dengan pemanfaatan lahan Perluasan Area Tanam Baru (PATB) dan Penambahan Luas Tanam Jagung (PLTJ), pencapaian ini berkat dukungan alat mekanisasi mulai olah tanah hingga panen ini sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

Andi Anugrah Wijaya mengungkapkan, Gempita akan mengawal sekaligus menyalurkan bibit jagung ke 27 Kecamatan di Kabupaten Bone dengan luas lahan 20 ribu hektar. Ia juga berharap dengan bantuan tersebut petani dan anak muda bisa sejahtera dan mencintai pertanian sebagai warisan dan jati diri bangsa Indonesia. “Secara nasional Tahun 2017 total Calon Petani calon lokasi CP/CL yang difasilitasi oleh gernas Gempita sebanyak 740 ribu Ha,” ungkap Anugrah. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2

244 total views, 8 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.