Genjot KPR Subsidi, BTN Jadi Mitra BP TAPERA

Genjot KPR Subsidi, BTN Jadi Mitra BP TAPERA

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap menjadi mitra utama Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk mengakselerasi kepemilikan hunian yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan pengalaman Bank BTN menjadi pemimpin pasar Kredit hingga kepemilikan Manajer Investasi yang sudah diinisiasi perseroan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, BP Tapera akan memberikan stimulus positif bagi pembiayaan perumahan miliknya. Di sisi lain, BTN dan BP Tapera dinilai memiliki visi yang sejalan. Keduanya, merupakan agen pemerintah yang disiapkan untuk mendukung program pemerintah, khususnya dalam pembiayaan perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Program ini merupakan program pemerintah yang perlu didukung bersama stakeholder terkait bidang perumahan. Kami akan terus berinovasi guna menjangkau semakin banyak masyarakat Indonesia, khususnya MBR untuk memiliki hunian yang terjangkau,” ujar Maryono di Jakarta, Minggu 26 Mei 2019.

Untuk mencapai visi tersebut, kata dia, sebagai bank spesialis pembiayaan perumahan, perseroan telah menggelar berbagai langkah strategis untuk mengembangkan kapasitas bisnisnya. Perseroan juga tengah berupaya merampungkan aksi akuisisi perusahaan Manajer Investasi dan meracik skema pembiayaan perumahan  yang baru guna menjangkau semakin banyak masyarakat memiliki rumah.

Dengan berbagai langkah strategis tersebut, bank spesialis kredit perumahan ini mencatatkan pertumbuhan pesat di segmen KPR Subsidi.

Dalam lima tahun terakhir, Bank BTN telah mencatatkan pertumbuhan KPR Subsidi sebesar 29,85 persen mulai Desember 2014 hingga Desember 2018. Per Maret 2019, emiten bersandi saham BBTN ini juga masih menempati posisi wahid di pasar KPR Subsidi dengan pangsa sebesar 92,96 persen. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.