Gandeng Arsenal, Bank Muamalat Genjot Dana Murah

Gandeng Arsenal, Bank Muamalat Genjot Dana Murah

Jakarta–PT Bank Muamalat Indonesia (Bank Muamalat) menargetkan komposisi dana murah naik menjadi 42% tahun ini, naik dibanding tahun lalu yang mencapai 38,44%.

Hingga Desember 2015 lalu, himpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Muamalat  telah mencapai nilai Rp45 triliun dengan komposisi perolehan CASA (dana murah) sebesar 38,44% dan deposit0 sebesar 61,56%. Sementara tahun ini, pertumbuhan DPK ditargetkan mencapai Rp4 triliun dari akhir 2015 atau menjadi Rp49 triliun, naik 8,89%.

Untuk mencapai target pertumbuhan dana murah itu, Bank Muamalat menggenjot bisnis ritelnya. Salah satunya dengan menggandeng klub sepakbola asal Inggris, Arsenal FC.

Kerja sama yang berlangsung hingga Mei 2018 ini akan ditandai dengan peluncuran produk kartu debit co-branding Bank Muamalat dengan Arsenal FC pada pertengahan 2016 mendatang. Dari kerja sama tersebut, nasabah dapat memperoleh benefit berupa merchandise asli yang telah ditandatangani pemain Arsenal FC dan kesempatan menonton pertandingan langsung Liga Premier Inggris di Emirates Stadium.

Pada konferensi pers penandatanganan kerja sama ini, Direktur Utama Bank Muamalat, Endy Abdurrahman mengatakan, “Tidak hanya menjaring nasabah baru, kerjasama dengan Arsenal FC turut merefleksikan komitmen kami untuk menjadikan bank syariah sebagai opsi perbankan utama bagi masyarakat dan tidak lagi sekadar alternatif layanan perbankan. Hal ini sekaligus kesempatan kami dalam menuju peringkat 10 Bank Terbesar di Indonesia pada tahun 2025,” kata Endy dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis 14 Januari 2016.

Sebagai salah satu klub sepakbola profesional Inggris ternama, Arsenal FC dinilai memiliki basis pendukung kuat di Tanah Air, yaitu Arsenal Indonesia Supporter Club (AIS) yang beranggotakan lebih dari 14,000 peserta dan memiliki lebih dari 3 juta penggemar yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan Arsenal FC sebagai mitra strategis bagi Bank Muamalat, sebagai bank syariah pertama yang berkolaborasi dengan klub sepakbola Inggris, untuk dukung performa pertumbuhan dana ritel.

“Kami terus berupaya mengandalkan penghimpunan dana dari nasabah ritel untuk memperoleh sumber pendanaan yang lebih stabil bagi penyaluran pembiayaan dengan biaya pendanaan yang lebih rendah. Kolaborasi dengan Arsenal FC merupakan bagian dari strategi kami untuk menyempurnakan struktur komposisi DPK ritel, khususnya dengan meningkatkan porsi dana murah,” jelas Pejabat Eksekutif Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi pada kesempatan yang sama. (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News