Fasilitasi Entrepreneurship Kaum Milenial, Atma Jaya Gelar SE Marketplace 2018

Fasilitasi Entrepreneurship Kaum Milenial, Atma Jaya Gelar SE Marketplace 2018

Jakarta – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya mendorong Entrepreunership untuk kaum milenial melalui ajang Social Entrepreneurship Marketplace (SE Marketplace).  Tahun ini, SE Marketplace 2018 datang dengan konsep yang baru dimana kegiatan ini menyadur tiga nilai yang dianggap fundamental yaitu, Innovate, Interact, dan Influence (I3).

Ajang tahunan ini mempertemukan institusi/perusahaan/individu yang mencari program social entrepreneurship sebagai mitra atau donor untuk menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) merekaAdapun salah satu syarat untuk berpartisipasi dalam SE Marketplace ini adalah proposal ide atau program yang membantu dalam menyelesaikan masalah sosial yang mengacu pada pembangunan berkelanjutan atau yang dikenal juga dengan SDG (Sustainable Development Goals).

Sesuai dengan konsep baru, beberapa inovasi yang mengemuka diantaranya adalah Kopi Flores yang praktis dengan kemasan yang dapat dimakan (edible packaging) yang disebut “Bangflo”, berkolaborasi dengan brand Evoware, kopi Bajawa asal Flores dikemas dengan bahan yang berbasis rumput laut.

Selain itu ada juga Rain Water Harvesting (RWH) yaitu integrasi model pengelolaan air dengan pemanfaatan air hujan.

Untuk bidang kesehatan, inovasi ACOPE (Atma Jaya Community Ophthalmology Program & Education) yang diwakili dr. Cisca Kuswidyati, Sp.M adalah program mencegah kebutaan di Indonesia khususnya Indonesia Bagian Timur. Program pemeriksaan mata melalui metode RAAB (Rapid Assesment of Avoidable Blindness) adalah metodologi pemeriksaan mata survei cepat yang dikembangkan di Pusat kesehatan mata internasional untuk mencegah kebutaan sejak dini.

Turut juga berkontribusi dalam event ini Tim Peduli Mentawai, Fakultas Teknik, Fakultas Teknobiologi, Fodim – UKM Forum Diskusi Mahasiswa, serta Charity Cancer Camp (AMSA : Asian Medical Students Association) yaitu program bantuan bagi penderita kanker maupun dukungan bagi keluarga penderita kanker,  dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, event ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu pameran dan seri talkshow. Pada hari pertama, akan ada pembukaan bersama dengan kegiatan Atma Jaya Job Fair 2018 yang diikuti oleh 80 perusahaan dalam setahun. Pada hari kedua, akan ada talkshow bertemakan  pemberdayaan komunitas serta kesehatan, diikuti dengan keynote speech  dari ANGIN yang merupakan sebuah wadah untuk para startup di Indonesia dan akan ditutup dengan makan malam bersama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.