Fakta Menarik Dibalik Fenomena Password

Fakta Menarik Dibalik Fenomena Password

Jakarta – Password menjadi sangat penting dalam menjaga kemanan data. Menurut studi terbaru dari Mastercard, masing-masing dari kita rata-rata memiliki sepuluh akun, perangkat atau aplikasi yang berbeda, di mana kita harus memasukkan kata sandi (password) paling sedikit satu kali dalam seminggu. Menurut perhitungan rata-rata, kita memasukkan sekitar delapan password setiap harinya.

Bukan sebuah hal yang mengejutkan apabila hanya 16 persen di antara kita mengatakan tidak pernah lupa terhadap password yang dimiliki, yang berarti 84 persen lainnya sering lupa terhadap password dan harus mengganti password beberapa kali.

Sementara itu, rata-rata orang-orang membutuhkan sekitar 11 menit untuk melakukan reset terhadap password yang mereka lupa – yang biasanya terjadi lebih dari lima kali per bulan. Hal ini mengartikan bahwa setiap minggunya kita bisa kehilangan lebih dari 15 menit, atau lebih dari 13 jam per tahunnya!

Memang menjadi sebuah tantangan untuk mengingat begitu banyak password yang kita miliki, yang membuat kita sering menggunakan password yang sama untuk sejumlah akun kita. Hanya tiga diantara lima orang yang menggunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Namun, penggunaan password yang sama untuk beberapa akun yang berbeda akan menjadi sebuah masalah apabila seseorang mengetahui salah satu password kita, yang kemudian akan memungkinkan orang tersebut untuk mengakses sejumlah perangkat dan akun online kita.

Survey MasterCard mengungkapkan bahwa seperlima dari masyarakat menggunakan tanggal ulang tahun mereka, 18 persen menggunakan nama hewan peliharaan mereka, dan 12 persen menggunakan nama keluarga mereka sebagai kata sandi. Password-password ini relatif mudah ditebak oleh para hacker sehingga mereka juga dapat dengan mudah mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda.(*)

139 total views, 7 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.