Negara Bebas Visa di Eropa Ini Cocok Jadi Destinasi Liburan

Negara Bebas Visa di Eropa Ini Cocok Jadi Destinasi Liburan

MENDEKATI akhir tahun pastinya Anda sudah merencanakan liburan istimewa ke berbagai tempat bersama keluarga. Untuk membuat liburan jadi terasa kian menyenangkan, akan lebih seru jika Anda berlibur ke mancanegara. Berlibur ke luar negeri sudah bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya. Bahkan saat ini cukup banyak backpackers Indonesia yang berkeliling dunia dengan budget terbatas. Satu-satunya hal yang umumnya menjadi penghalang adalah Anda harus mengurus visa.

Visa merupakan bukti dari negara tujuan bahwa kedatangan Anda ke negara tersebut adalah legal dan diterima oleh pemerintah setempat. Masalahnya, untuk mengurus visa memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Ditambah lagi dengan biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Karena ternyata passport Indonesia sendiri merupakan salah satu passport terkuat di dunia. Cukup dengan menggunakan passport dan visa-on-arrival, Anda akan diterima dengan tangan terbuka di 70 negara bebas visa. Bahkan ada juga beberapa negara yang membebaskan traveler dari Tanah Air untuk mengunjungi mereka tanpa harus mengurus visa sama sekali, lho. Yuk, simak negara-negara di Eropa yang bisa Anda kunjungi tanpa visa atau cukup menggunakan visa-on-arrival.

Sekilas tentang Visa On Arrival

Beberapa dari Anda mungkin kurang familiar dengan istilah visa-on-arrival. Visa-on-Arrival atau VoA merupakan bentuk visa yang bisa langsung dibuat dan diproses begitu Anda sampai di negara tujuan. Ya, ini artinya Anda dapat mengunjungi negara tersebut tanpa harus khawatir permohonan visa Anda akan ditolak. Pemrosesan visa jenis ini pun bisa langsung dibuat dalam sehari, dan tentunya biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih hemat dibandingkan membuat visa reguler. Yang perlu Anda persiapkan hanyalah sejumlah uang dengan besaran sesuai dengan peraturan di negara tersebut dan tentunya pastikan bahwa passport Anda masih berlaku. VoA bisa diberlakukan apabila hubungan kedua negara tersebut sangat baik. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Eropa, berikut adalah negara-negara yang bisa Anda kunjungi cukup dengan berbekalkan VoA.

Wujudkan Mimpi Berlibur ke Eropa dengan Mengunjungi Negara-Negara Ini

Mengunjungi negara-negara Eropa tidak harus mahal dan membutuhkan permohonan visa yang ribet. Buktinya, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata mengagumkan berikut ini tanpa harus membuat visa terlebih dulu.

Serbia

Serbia mungkin lebih dikenal karena memiliki sejarah yang kelam. Tapi, keindahan negara di Eropa ini akan membuat Anda terpukau. Serbia juga dikenal sebagai salah satu negara di Eropa yang sangat ramah untuk para backpackers. Jadi jangan heran jika Anda akan menemukan banyak budget travelers yang menjadikan Serbia sebagai destinasi wisata tahunan. Ada banyak tempat-tempat wisata di Serbia yang menawarkan keindahan alam dan tentunya keanekaragaman budaya. Berikut adalah tempat-tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

1.Belgrade

Belgrade merupakan ibukota dari negara Serbia yang menyajikan perpaduan harmonis antara arsitektur modern dan gedung-gedung abad pertengahan yang mengagumkan. Luangkan waktu untuk bereksplorasi di kota tua ini dan menikmati keindahan arsitektur gedung-gedung dan gereja tua yang didirikan sejak abad ke-19 dengan style Art Nouveau yang sangat cantik. Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Kalemegdan dimana terdapat sisa-sisa dari Benteng Kalemegdan dari abad pertengahan. Buat Anda yang menyukai segala hal berbau militer dan tertarik untuk mengetahui sejarah militer di negara ini akan menikmati waktu berkunjung ke Museum Militer.

Anda juga dapat menikmati sensasi berlibur di pantai pribadi selama berkunjung ke Serbia. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Ada Cinganlija atau Pulau Gypsy yang terletak di bagian selatan dari negara tersebut. Pulau-pulau tersebut menghadirkan keindahan pantai Mediterania yang sangat indah dimana Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas pantai yang menyenangkan, seperti waterski, berenang, dan lain sebagainya. Pulau tersebut juga memiliki taman nasional tempat Anda dapat melihat berbagai macam kekayaan flora dan fauna yang dimiliki oleh Serbia.

2.Gunung dan Taman Nasional Fruška Gora

Gunung Fruška Gora merupakan salah satu destinasi wisata yang juga merangkap sebagai cagar alam populer di Serbia. Berlokasi tepat di dekat perbatasan Serbia dan Kroasia, Taman Nasional ini juga akrab disebut sebagai “Permata Serbia” karena keindahan alam dan keanekaragaman faunanya yang sangat mempesona. Selama bereksplorasi mengelilingi Taman Nasional ini, Anda akan menemukan perkebunan anggur milik penduduk setempat dengan winery yang bisa dikunjungi. Anda bahkan dapat mencoba produk wine lokal yang tentunya memiliki citarasa yang sangat unik. Berbagai macam aktivitas seru seperti hiking atau tracking bisa dilakukan bagi Anda yang aktif.

Bahkan, tempat wisata ini juga menyediakan spot piknik buat Anda yang ingin bersantai dengan keluarga sambil menikmati keindahan alam. Namun spot wisata yang paling menarik adalah sejumlah biara Kristen Orthodox yang sudah berdiri di tanah tersebut sejak abad ke-12. Taman Nasional Fruška Gora menawarkan berbagai macam aktivitas menarik untuk mengisi liburan.

3.Sokobanja

Sejak zaman pemerintahan kekaisaran Romawi, kota kecil Sokobanja menjadi salah satu destinasi favorit bagi kaisar Romawi pada kala itu. Di masa kini, kota tersebut tetap menjadi primadona bagi banyak warga lokal hingga selebritis yang ingin menikmati udara segar dan nikmatnya mandi uap. Sokobanja memang dikenal sebagai kota spa dengan banyaknya fasilitas spa yang ada. Selain itu, kota ini juga memiliki sejumlah pemandian air panas alami yang pastinya bisa merevitalisasi tubuh Anda.

Belarus

Negara Eropa kedua yang membebaskan visa untuk warga negara Indonesia adalah Belarus. Walaupun tidak sepopuler Prancis atau Italia, negara ini sebenarnya memiliki berbagai macam keindahan alam dan tempat wisata yang sayang jika tidak dieksplorasi. Apalagi baru-baru ini Belarus mulai membuka diri untuk menerima pengunjung dari mancanegara. Mulai dari bentangan hutan yang hijau hingga arsitektur kuno yang mempesona, berikut adalah tempat-tempat wisata di Belarus yang membuat Anda ingin mengunjungi negara tersebut sekarang juga.

1.Minsk

Minsk merupakan ibukota dari Belarus yang menawarkan keindahan arsitektur kuno dan ruang publik yang artistik. Salah satu spot wisata yang dapat Anda kunjungi dengan gratis adalah Alun-Alun Kemerdekaan, yaitu ruang terbuka seluas 7 hektar yang kabarnya merupakan salah satu dari alun-alun publik terbesar seantero Eropa. Di taman alun-alun tersebut, Anda dapat berjalan-jalan santai bersama dengan orang tersayang sambil menikmati keindahan sejumlah air mancur dan lampu berwarna-warni yang indah.

Anda juga dapat nongkrong bersama dengan teman-teman baru di sejumlah cafe unik dan restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan lezat khas Belarus. Buat Anda yang membawa anak-anak dapat membawa si kecil untuk berjalan-jalan ke Taman Anak-Anak Gorky Central. Di taman ria tersebut, si kecil dapat berpetualang mencoba berbagai macam wahana. Bahkan, ada juga wahana bianglala dimana Anda dapat menikmati keindahan panorama kota dari atas langit. Tentu saja, jangan lupa untuk meluangkan waktu mengunjungi Museum Sejarah Nasional untuk belajar mengenai sejarah negara Belarus dan mengagumi berbagai karya seni dari para seniman Belarus ternama di Museum Seni Nasional.

2.Telaga Braslav

Telaga Braslav merupakan salah satu destinasi wisata dengan pemandangan yang paling indah di Belarus. Telaga ini terbentuk dari sisa-sisa glacier di masa purba yang berubah menjadi telaga berwarna biru yang sangat mempesona. Di area tersebut terdapat lebih dari 300 lebih telaga yang juga disebut sebagai “Blue Necklace” atau “Kalung Biru” karena keindahannya. Telaga-telaga purba tersebut menjadi habitat bagi lebih dari 30 spesies ikan di daerah tersebut. Dikelilingi dengan bukit hijau yang asri dan tebing yang curam dan kokoh membuat kawasan ini menjadi tempat yang sempurna untuk berburu foto burung-burung langka. Para penggiat panjat tebing pun akan langsung terpanggil untuk mendaki struktur tebing yang tinggi menjulang.

3.Taman Nasional Belovezhsykaya

Taman Nasional Belovezhyskaya merupakan taman nasional Belarus yang membentang mulai dari negara Belarus hingga ke negara tetangga yaitu Polandia. Cagar alam ini menjadi habitat bagi jutaan hewan khas Eropa seperti bison, konik (atau kuda liar), babi hutan, dan lain sebagainya. Selain itu, taman nasional ini juga menjadi habitat dari flora langka seperti pohon Elk Eurasia dan lain sebagainya. Apalagi jika Anda datang saat musim dingin menjelang perayaan Natal, taman nasional ini mendirikan sebuah museum yang secara khusus menghadirkan berbagai koleksi pernak-pernik dan artefak dari Santa Claus versi Belarusia. Buat Anda yang ingin mendapatkan nuansa berlibur Natal yang berbeda pastinya tidak akan melewatkan kesempatan ini.

4.Kastil Mir

Salah satu bangunan bersejarah yang amat terkenal dengan keindahannya adalah Kastil Mir. Kastil Mir berlokasi di daerah Grodno yang didirikan pada abad ke-16. Kastil megah ini dikelilingi dengan benteng yang sangat kokoh dan di sekitarnya terdapat hamparan kebun bunga bergaya Italia yang sangat indah. Bahkan, tidak jauh dari kastil tersebut terdapat kolam telaga buatan yang tak kalah indah. Setelah sempat mengalami kerusakan pada beberapa bagian akibat tembakan meriam, kastil ini kemudian dipugar dan dapat kembali memamerkan keindahan kombinasi arsitektur bergaya Baroque Gothic, dan Rennaisance. Di masa kini, Kastil Mir dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Di dalamnya Anda dapat menemukan berbagai macam artefak kerajaan dan pameran lukisan yang wajib untuk disimak.

5.Laut Minsk

Saat pertama kali Anda mengunjungi Laut Minsk, tidak akan terbersit di pikiran bahwa laut seluas itu sebenarnya merupakan waduk buatan yang didirikan oleh pemerintah Belarus. Waduk tersebut menjadi lokasi wisata yang paling populer di kalangan penduduk lokal dan turis yang ingin menikmati liburan musim panas. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berlibur di sini, mulai dari menikmati keindahan hamparan pasir pantai yang putih bersih, hingga menikmati sajian lokal di restoran atau cafe tepi pantai. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi beberapa desa dengan keindahan alam mengagumkan yang berada di sekitar laut buatan tersebut. Caranya cukup dengan menyewa catamaran atau pedalo yang merupakan jenis perahu tradisional di Belarus.

Tertarik untuk mengunjungi negara-negara Eropa bebas visa di atas? Yuk, segera rencanakan liburan Anda sekarang juga. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.