Ekonomi AS Membaik, Dolar Mencari Arah

Ekonomi AS Membaik, Dolar Mencari Arah

Jakarta – Dolar Amerika (US$) tercatat menguat pada perdagangan hari Rabu, 13 Juli 2016 lalu. Mata uang negeri Paman Sam ini menuat pasca dirilisnya laporan Beige Book yang positif yang memberi sinyal bahwa ekonomi Amerika Serikat terus mengalami ekspansi sejak pertengahan Mei hingga akhir Juni 2016.

Rilis laporan ini menambah optimisme setelah laporan ketenagakerjaan non pertanian (Non Farm Payroll /NFP) pada Juni 2016 menunjukkan bahwa sektor tenaga kerja AS dapat bertahan dengan baik di tengah ketidakstabilan
global.

Menurut Lukman Otunuga, Research Analyst FXTM, prospek AS secara keseluruhan sepertinya terus membaik. Penjualan ritel, manufaktur, dan ketenagakerjaan mengikuti tren positif sehingga mendukung peningkatan suku bunga AS sebelum akhir tahun.

“Walaupun semakin besarnya ekspektasi peningkatan suku bunga AS terus mendukung US$, namun kewaspadaan terkait Brexit menghalangi Fed untuk mengambil langkah” ujar Lukman.

Dalam situasi yang serba tidak pasti seperti saat ini, ujar Lukman, US$ mencari arah, dan perkembangan pasca Brexit dapat memberi secercah pencerahan yang dibutuhkan investor.

Lukman juga menambahkan bahwa dari sudut pandang teknikal, Indeks Dollar sudah menampilkan kejenuhan di atas 96.00. “Breakout yang tegas di bawah 96.00 dapat membuka jalan menuju 94.00.” ujarnya.(*)

122 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.