Dukung Bisnis, BTPN Rajin Latih Nasabah

Dukung Bisnis, BTPN Rajin Latih Nasabah

Denpasar–PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meyakini keterlibatan langsung dalam memberdayakan nasabah adalah kunci menuju pertumbuhan kinerja bisnis yang prima dan berkelanjutan. Oleh karena itu, perseroan rajin memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas nasabah.

Hingga akhir September 2015, BTPN telah menyelenggarakan 24.366 aktivitas Daya. Sedangkan jumlah peserta Program Daya mencapai 347.964 nasabah. Data ini menunjukkan tingginya minat nasabah untuk mengikuti program pemberdayaan. Kesempatan berbagi dan berinteraksi langsung dengan nasabah mass market juga terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat.

Perseroan memang mengimplementasikan sebuah model bisnis yang mengintegrasikan misi sosial dan misi bisnis dalam produk, layanan serta kegiatan sehari-hari. Sinergi antara bisnis dan upaya pemberdayaan tercermin melalui Daya, yakni program pelatihan dan pendampingan yang diberikan secara berkelanjutan dan terukur.

Daya memiliki tiga pilar program, yaitu Daya Sehat Sejahtera, Daya Tumbuh Usaha, dan Daya Tumbuh Komunitas. Daya diterapkan pada setiap unit bisnis yakni BTPN Purna Bakti—unit bisnis yang fokus melayani nasabah pensiunan, BTPN Mitra Usaha Rakyat (MUR)—unit bisnis yang fokus melayani pelaku usaha mikro & kecil, BTPN Mitra Bisnis— unit bisnis yang melayani pelaku usaha menengah serta BTPN Sinaya sebagai unit bisnis pendanaan BTPN. Daya juga diterapkan di anak perusahaan BTPN yaitu BTPN Syariah, yang berfokus melayani komunitas prasejahtera produktif.

“BTPN secara reguler, di seluruh cabang, menggelar Program Daya yang memberikan pelatihan dan informasi untuk meningkatkan kapasitas nasabah. BTPN menyadari bahwa untuk bisa bertumbuh, segmen mass market tidak hanya membutuhkan akses keuangan, tetapi juga pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas mereka,” ujar Eny Yuliati, Corporate Communications Head BTPN dalam keterangan persnya di Bali 11 Desember 2015.

Selain itu, melalui Program Sahabat Daya, BTPN memberikan akses bagi nasabah BTPN Sinaya untuk ikut terlibat langsung, berinteraksi, dan memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM. “Sahabat Daya adalah program yang mengundang seluruh pemangku kepentingan BTPN untuk berpartisipasi langsung dalam misi memberdayakan mass market. Melalui Program Sahabat Daya, nasabah bisa berbagi ilmu maupun pengalaman melalui pelatihan untuk nasabah mass market,” tambah Eny.

Dengan begitu, menyimpan dana di BTPN Sinaya nasabah tidak sekedar membukakan akses permodalan bagi para pelaku UMKM, tetapi juga membantu mereka untuk menumbuhkan usahanya. Di BTPN Sinaya, dana simpanan nasabah tidak hanya tumbuh dan memberikan manfaat optimal, tetapi juga berkesempatan melakukan perjalanan memberdayakan jutaan potensi rakyat Indonesia. Eny mengklaim, dengan konsistensi itu, kepercayaan masyarakat juga meningkat. Hal itu terlihat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tersimpan di BTPN Sinaya per 30 September 2015, mencapai Rp59 triliun, tumbuh 12% dari periode yang sama tahun lalu Rp52,6 triliun. (*) Ria Martati

Leave a Reply

Your email address will not be published.