DPR Tunggu Nama Calon Gubernur BI Hingga Februari 2018

DPR Tunggu Nama Calon Gubernur BI Hingga Februari 2018

Jakarta – Masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo akan habis pada Mei 2018 mendatang. Namun, hingga kini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengajukan nama calon Gubernur BI yang baru ke DPR-RI.

Komisi XI DPR-RI memberikan waktu bagi Presiden Jokowi untuk dapat segera mengajukan nama calon Gubernur BI yang baru ke DPR-RI hingga Februari 2018. Sehingga, masih ada waktu 3 (tiga) bulan lagi untuk melakukan proses mulai dari usulan nama calon Gubernur BI sampai dengan Fit and Proper Test.

“Kalau untuk Gubernur BI bulan Februari 2018 namanya kita harapkan sudah masuk ke DPR,” ujar Anggota Komisi XI DPR-RI, Mukhamad Misbakhun saat dihubungi Infobank, di Jakarta, Selasa, 30 Januari 2018.

Adapun pemilihan nama calon Gubernur BI memang wewenang Presiden Joko Widodo. Nantinya, Jokowi akan mengusulkan kandidat pilihannya kepada Komisi Keuangan DPR-RI yakni Komisi XI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno sempat mengatakan, bahwa Presiden Jokowi hingga kini belum mengajukan nama calon Gubernur BI ke DPR-RI. Menurutnya, selambat-lambatnya Februari 2018 usulan nama calon Gubernur BI baru akan diajukan ke Parlemen.

Pengusulan nama-nama calon Gubernur BI ke DPR diperkirakan akan diajukan pada pertengahan bulan Februari 2018. Dengan rentang waktu yang masih tersisa beberapa pekan lagi, masih ada waktu bagi Jokowi untuk mempertimbangkan sejumlah nama-nama calon Gubernur BI.

Ada beberapa nama yang muncul dan disebut-sebut potensial menggantikan Agus Martowardojo yang akan habis masa jabatnya pada Mei 2018. Nama tersebut seperti Bambang Brodjonegoro yang kini masih menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas.

Selain Bambang Brodjonegoro, muncul juga kepermukaan nama Muhammad Chatib Basri yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan pada periode 2013-2014. Kedua nama ini dianggap potensial menggantikan Agus Martowardojo yang tak lain keduanya juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan sama seperti Agus Marto.

Namun demikian, tak menutup kemungkinan Presiden Jokowi akan mengajukan nama calon Gubernur BI dari internal seperti Mirza Adityaswara yang kini menjabat Deputi Gubernur Senior BI. Selain itu, Perry Warjiyo yang akan habis masa jabatnya sebagai Deputi Gubernur BI juga digadang-gadang berpotensi menggantikan Agus Marto. (*)

Related Posts

News Update

Top News