Dorong Pendidikan Anak Indonesia, Bluebird Gandeng Unicef

Dorong Pendidikan Anak Indonesia, Bluebird Gandeng Unicef

Jakarta – PT Blue Bird Tbk melakukan kerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) terkait peningkatan kesejahteraan pendidikan anak-anak Indonesia. Langkah ini sebagai komitmen untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan bentuk kepedulian perusahaan terhadap pentingnya pendidikan yang berkualitas sebagai kunci kemajuan dan kesuksesan.

Dengan adanya kerja sama ini memungkinkan para penumpang Bluebird bisa berpartisipasi memberikan donasi, di mana skema donasi dapat diberikan melalui “donasi rutin” atau “donasi sekali”. Bluebird juga akan memasang perangkat promosi di 10.000 armada taksinya dan video tentang pendidikan bagi anak-anak yang membutuhkan. Video akan dihadirkan di perangkat hiburan di 500 armada taksi Bluebird.

Deputi Perwakilan UNICEF di Indonesia, Robert Gass mengungkapkan, bahwa Indonesia memiliki aset tak ternilai yaitu hampir 80 juta anak-anak dan remaja. Untuk itu, penting berinvestasi bagi kemajuan anak-anak tersebut melalui pembelajaran dan pendidikan, guna membuka potensi dari masing-masing anak yang selama ini memiliki hambatan untuk berkembang di dalam duni pendidikan.

“Kami di UNICEF menghargai dan mendorong kontribusi baik oleh publik dan perusahaan agar setiap anak dapat memiliki kesempatan yang sama untuk  bersekolah dan belajar berbagai pengetahuan serta keterampilan yang dapat mempersiapkan mereka menyambut masa depan yang cerah,” ujar Robert dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018.

Seperti diketahui, meski dalam beberapa dekade terakhir ini terjadi peningkatan angka partisipasi sekolah, namun -sesuai dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional pada 2017 mengemukakan ada sekitar 4,4 juta anak dan remaja tidak bersekolah. Bahkan beberapa anak yang memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan sekolah masih kesulitan untuk bisa mencapai tingkat kemampuan dasar akademis.

Di tingkat sekolah dasar, hanya 23 persen siswa kelas 4 berhasil mencapai batas minimum nasional kemampuan matematika, dan hanya 53 persen dalam membaca pada saat survei Indonesia National Assessment Programme (INAP) terakhir pada 2016.

Sementara itu, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding Noni Purnomo menambahkan, inisiatif kerjasama Blue Bird dengan UNICEF dalam mengajak masyarakat untuk turut berperan meningkatkan pendidikan anak Indonesia ini tidak terlepas dari komitmen Blue Bird dalam memberikan kontribusi positif  kepada masyarakat. Apalagi, masih banyak anak-anak yang tidak mengenyam bangku sekolah dikarenakan berbagai faktor.

“Kolaborasi dengan UNICEF, sebagai organisasi internasional dibawah naungan PBB yang salah satu fokusnya di bidang pendidikan anak-anak, akan semakin membantu langkah Bluebird dalam mendukung terciptanya generasi penerus berkualitas dan mampu bersaing untuk kemajuan Indonesia di masa depan,” ucap Noni.

Asal tahu saja, hingga saat ini Blue Bird melalui program “Bluebird Peduli” secara rutin memberikan bantuan beasiswa mulai dari tingkat D3 hingga sarjana kepada anak dari pengemudi dan juga karyawan Bluebird. Dimulai pertama kali dari tahun 1998, saat ini pemberian beasiswa oleh Bluebird telah diberikan kepada sekitar 25.000 anak-anak pengemudi Bluebird. (*)

Related Posts

News Update

Top News