Dorong Kredit Mikro, Mandiri Incar Toko Obat

Dorong Kredit Mikro, Mandiri Incar Toko Obat

Jakarta–PT Bank Mandiri, Tbk (Bank Mandiri) bekerja sama dengan Enseval memperkuat infrastruktur distribusi dan perdagangan farmasi. Nantinya, Bank Mandiri akan memberikan fasilitas kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kepada toko obat binaan Enseval di berbagai wilayah Indonesia.

Direktur Micro and Business Banking Mandiri, Tardi mengatakan, fasilitas kredit yang diberikan kepada toko-toko obat dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan usaha produktif, baik untuk meningkatkan investasi maupun modal usaha.

“Kami berharap fasilitas kredit usaha mikro ini dapat membantu mempermudah dan memperluas jalur distribusi obat-obatan sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh obat yang dibutuhkan,” kata Tardi dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis, 5 November 2015.

Pemberian kredit usaha ini, lanjut Tardi, akan difokuskan kepada toko obat dengan penjualan kurang dari Rp200 juta. Pada tahap awal, program pembiayaan kredit mikro ini akan dilakukan di toko-toko obat binaan enseval di tiga area, yaitu Bogor, Bekasi dan Jakarta dengan jumlah mencapai lebih dari 1.500 toko.

Bank Mandiri meyakini bahwa kerja sama dengan Enseval ini dapat mendorong pertumbuhan bisnis di segmen mikro. Hingga September 2015, Bank mandiri telah menyalurkan kredit ke segmen mikro sebesar Rp 40,18 triliun. Jumlah itu naik 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 31,34 triliun.

Seiring dengan keinginan Bank Mandiri untuk terus mengembangkan bisnis di segmen ini, hingga akhir tahun 2015 Bank Mandiri menargetkan kredit ke segmen mikro dapat tumbuh sekitar 20% dibanding tahun lalu. (*) Ria Martati

Related Posts

News Update

Top News