Dorong Gerakan Non Tunai, BNI Gelar RKB BNI Fest

Dorong Gerakan Non Tunai, BNI Gelar RKB BNI Fest

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengadakan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI Fest. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para pengunjung dapat melek layanan perbankan, salah satunya adalah dengan mewajibkan transaksi pada kesempatan ini menggunakan uang elektronik produk BNI, yaitu BNI TapCash.

Acara yang diselenggarakan pada 27-28 Juli 2019 di Halal Park dekat Pintu Sebelas, Area Gelora Bung Karno, Jakarta, ini merupakan salah satu destinasi wisata halal yang ada di Jakarta. Tempat wisata halal yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 16 April 2019 lalu, memiliki desain yang cantik dan Instagramable. Namun kali ini, Halal Park terlihat lebih ramai dari biasanya.

Langkah BNI untuk mengajak masyarakat menggunakan uang elektronik ini merupakan bagian dari kampanye gerakan nasional non tunai (GNNT) yang digelorakan regulator dan pemerintah. Transaksi TapCash di Halal Park ini akan menambah jumlah kartu yang beredar, jumlah transaksi, dan nilai transaksi yang menggunakan TapCash.

Adapun berdasarkan data yang dimiliki perseroan, per Juni 2019, volume transaksi Kartu BNI TapCash tumbuh 29,5%. Kenaikan volume transaksi tersebut ditopang oleh pertumbuhan sebesar 47% secara year on year (yoy). Jumlah transaksi melalui kartu BNI Tapcash sendiri telah mencapai 29 juta transaksi pada Semester I 2019.

Di Halal Park, sebanyak 10 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan BNI menjajakan produk kuliner unggulan diantaranya yaitu Pempek Bulet yang menyajikan hidangan pempek berbentuk bulat, Pudingu yang menyajikan silky puding, Sosis Bakar Lulu yang menyajikan hidangan sosis, Soto Mie Bakso, Sicipi Food yang menyajikan hidangan kebab, Arafi Food yang menyajikan hidangan dimsum, Pentol Pedas SS, Ramen n Sushi Emperan, Sari Lemon Soogeh yang menyajikan minuman sari lemon, dan Jalanin Doeloe Kopi.

“Kami berharap hadirnya RKB BNI Fest dapat menjadi salah satu pilihan tempat rekreasi yang seru bersama keluarga dan juga teman untuk saling bertukar cerita di weekend ini. Selain aneka kuliner dari UMKM binaan BNI, kami juga menyediakan layanan perpanjang passport,” ujar Corporate Secretary BNI Meiliana dalam keterangannya di Jakarta, yang dikutip Minggu 28 Juli 2019

Salah satu UMKM mitra binaan BNI adalah Pipit Ayuningsih, seorang ibu rumah tangga yang mencoba berwirausaha dari nol hingga berkembang saat ini. Pipit awalnya menjual makanan ringan namun sesuai perkembangan zaman untuk kuliner fast food sepertinya lumayan digandrungi salah satunya Japanese Food dan mengambil menu ramen dan sushi emperan.

Menurutnya, RKB BNI ini sangat-sangat memfasilitasi UKM, apa yang dibutuhkan oleh UKM selalu terpenuhi, contohnya seperti belajar higienitas, belajar tentang kemasan yang baik, intinya saya bersyukur bisa menjadi anggota binaan RKB BNI Bekasi.Dengan bergabung dalam RKB BNI, ia mengaku bisa mendapat relasi, mendapatkan ilmu baru, sharing berbagai macam strategi dengan para pelaku UKM yang berpotensi pada pengembangan bisnisnya.

RKB BNI Fest ini juga menghadirkan perancang batik asal Pekalongan Aditya Yusma untuk menjadi pembicara pada Kelas Kreatif Membatik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan pelestarian budaya asli Indonesia sekaligus industri kreatif. Pengunjung dapat mengikuti sharing session cara membuat batik pada kelas tersebut.

Mendukung konsep halal park yang cocok dikunjungi oleh siapapun, RKB BNI Fest juga mengajak Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham untuk menggelar perpanjangan passport yang bersinergi dengan Pos Indonesia untuk pengiriman passport ke masing-masing alamat pemilik.

Pada hari Minggu (26/7), RKB BNI Fest juga dimeriahkan cooking class halal food dengan Chef Norman bersama Tora Sudiro dan petarung Mixed Martial Art (MMA) Suwardi, lalu akan ada pembukaan Digital Opening Account (DOA) Komunitas Harley Owners Group (HOG) dan penyerahan kartu kredit HOG, Komunitas Emak Blogger dan akan ada sharing session Program Aku Saudagar Muda oleh owner “Mommisu”.

“Ayo bagi kalian yang masih bingung untuk memilih tempat rekreasi yang seru di weekend ini, RKB BNI Fest bisa menjadi solusinya,” tutup Meiliana. (*)

Related Posts

News Update

Top News