Deras Sentimen Negatif, IHSG Rawan Koreksi

Deras Sentimen Negatif, IHSG Rawan Koreksi

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini dibuka naik tipis 6,04 poin atau 0,11 persen ke level 5.633,97 pada perdagangan Rabu 12 April 2017. Sedangkan Indeks LQ45 juga naik tipis 1,51 poin atau 0,16 persen ke level 930,93.

Belum maraknya sentimen positif yang muncul di pasar membuat Indeks pagi ini bergerak relatif datar dan hanya naik tipis.

Mengutip riset Samuel Sekuritas Indonesia, mayoritas indeks utama bursa AS dan Eropa sendiri melemah pada perdagangan terakhirnya seiring kondisi geopolitik di kawasan Korea yang masih tegang terutama sejak kapal perang AS mendekati wilayah Korea Utara belum lama ini.

Sementara konflik di Syria yang melibatkan AS dan Rusia juga masih menyisakan kekhawatiran. Sejumlah investor tampak beralih ke safe haven sehingga harga emas menguat.

Kemarin, IHSG ditutup melemah 0,29 persen ke level 5,628 seiring dengan pelemahan pada sebagian besar pasar Asia. Dana asing membukukan net sell di pasar reguler Rp 31 miliar.

Dengan kondisi tersebut tentu tekanan pada IHSG hari ini diperkirakan masih relatif besar. Selain itu, earnings season kuartal I-2017 berpotensi mewarnai pergerakan IHSG ke depannya hingga akhir bulan ini. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.