Darmin: Tahun Politik Beri Dampak Positif Ke Pertumbuhan Ekonomi.

Darmin: Tahun Politik Beri Dampak Positif Ke Pertumbuhan Ekonomi.

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, tahun politik tidak harus terus menerus dikaitkan dengan persaingan politik maupun jabatan kepala daerah. Dirinya menilai, tahun politik justru akan menyumbang angka pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Darmin kepada puluhan CEO perusahaan pada acara Kompas 100 CEO Forum di Hotel Rafless, Jakarta pada hari ini. Dirinya juga menilai, tahun politik akan memberikan dampak positif kepada para pelaku usaha.

“Tahun politik dampaknya positif 0,1% ke pertumbuhan ekonomi karena banyak pengeluaran baliho, kaos, dan sebagainya, tapi itu kalau aman. Jadi mudah-mudahan aman,” ungkap Darmin pada acara Kompas 100 CEO Forum di Hotel Raffles Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Darmin juga menjelaskan, pada pengalaman beberapa tahun politik sebelumnya selalu memberikan dampak positif bagi perekonomian. Dirinya bahkan memperkirakan, tahun politik akan menyumbangkan angka pertumbuhan ekonomi diatas 0,1 persen.

“Kalau lihat sejarah dampak pemilihan umum terhadap pertumbuhan ekonomi hasilnya positif dengan adanya Pilkada 171 daerah. Belum kejadian sebanyak itu. Jangan-jangan kenaikan pertumbuhan ekonomi bukan 0,1%, tapi bisa lebih tinggi sehingga harapannya bisa lebih baik dari yang ditargetkan,” tukas Darmin.

Dirinya juga optimis, pada akhir tahun 2017 ini pertumbuhan ekonomi mampu menyentuh angka 5,4 persen. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh rampungnya beberapa proyek infrastruktur.

Sebagai informasi, pada tahun 2018 mendatang tercatat terdapat 171 daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak. Dari 171 daerah tersebut terbagi dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018.

Selain itu, beberapa provinsi penggerak pusat ekonomi daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur juga termasuk dalam pemilu tahun 2018.

660 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.