Darmin : Inflasi Bisa Sentuh 3,8%

Darmin : Inflasi Bisa Sentuh 3,8%

Jakarta – Terkendalinya harga pangan menjadi salah satu faktor penentu inflasi. Artinya, jika pemerintah mampu mengendalikan harga pangan, inflasi berpotensi lebih rendah dari target.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian  Darmin Nasution mengaku optimis tingkat inflasi Indonesia akan berada di angka 3,8% pada tahun ini. Target tersebut tak jauh berbeda dengan target yang dicanangkan oleh pemerintah yang berada di angka 4%.

“Artinya inflasi mungkin mengarah ke 3,8% untuk tahunan. Memang tahun ini tahun yang baik dari segi pengendalian harga pangan,” ungkap Darmin di Kantor Kementrian Kordinator (Kemenko) Perekonomian, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu menambahkan, salah satu ciri tahun yang baik dari segi pangan adalah kondisi hujan sepanjang tahun yang cukup atau tidak terlalu banyak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Di awal tahun sekitar Maret dan April, hujan agak terlalu banyak akhirnya panen terjadi agak terlalu cepat. Februari akhir sudah mulai panen sehingga banyak sekali gabah yang belum kering atau tidak bisa dikeringkan karena panennya waktu musim hujan,” ungkap Darmin.

Darmin juga mengaku khawatir dengan segala jenis cabai dan bawang yang terindikasi mengalami penurunan harga karena musimnya yang dinilai bagus bagi produksi komoditas tersebut.

“Pada tahun ini, harga cabai malah berada di bawah normal karena musimnya bagus. Namun inflasinya masih okelah ,” tukas Darmin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.