Danamon Jual 70% Saham Adira Insurance ke Zurich

Danamon Jual 70% Saham Adira Insurance ke Zurich

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia Tbk, telah menuntaskan transaksi penjualan 70% kepemilikan saham di PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), anak perusahaan Bank Danamon yang bergerak di segmen asuransi umum, kepada Zurich Insurance Company Ltd (Zurich).

Pengumuman ini merupakan lanjutan dari penandatanganan perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat (CSSA) pada tanggal 27 September 2018 antara Bank Danamon dan Zurich untuk penjualan kepemilikan saham di Adira Insurance.

Berdasarkan klausul transaksi, Zurich menuntaskan akuisisi secara total 80% kepemilikan saham pada Adira Insurance dari Bank Danamon (70%) dan pemegang saham minoritas (10%).

Dengan demikian, saat ini Zurich sudah menjadi pemegang saham pengendali Adira Insurance. Melalui investasi Zurich, Adira Insurance akan mendapatkan akses terhadap keahlian international serta kapabilitas underwriting, digital dan manajemen risiko terbaik.

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki mengatakan, Adira Insurance merupakan bagian yang penting untuk ditingkatkan dari Danamon Group.

“Penting bagi kami untuk memberikan apresiasi terhadap manajemen Asuransi Adira yang lalu maupun saat ini karena telah membawa perusahaan menjadi salah satu penyedia layanan asuransi umum terbesar di Indonesia,” ucap Yasushi melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis 28 November 2019.

Pihaknya meyakini investasi dari Zurich, yang merupakan salah satu penyedia asuransi umum terkemuka di dunia, akan lebih memperkuat Asuransi Adira dan menambahkan nilai tambah kepada para pemegang polis serta para pemangku kepentingan lainnya,” katanya.

Dirinya menilai, pengalaman global dan keahlian produk Zurich akan memberikan nilai tambah kepada para pemegang polis Asuransi Adira.

Yasushi menambahkan, Bank Danamon sendiri juga akan melanjutkan kerja sama dengan Asuransi Adira, karena masih tetap menjadi pemegang saham minoritas dan sebelumnya telah menjalin perjanjian asuransi umum dengan Asuransi Adira untuk mendistribusikan produk-produk Asuransi Adira melalui jaringan distribusi Danamon Group.

Menurutnya kemitraan strategis dengan Zurich akan menghadirkan para nasabah Danamon Group akses terhadap beragam produk yang terbaik dari insititusi global terkemuka

“Kami yakin, kerjasama antara Bank Danamon, Asuransi Adira, dan Zurich, akan memungkinkan kami untuk meningkatkan penetrasi pasar di segmen pertumbuhan kunci kami (Consumer, UKM, Komersial, dan Adira Finance) dan dapat menghasilkan peluang pendapatan fee income yang lebih besar,” jelas Yasushi.

Selain itu, Yashusi Itagaki menyebut Bank Danamon juga akan memperkuat struktur permodalan. Dimana hasil dari penjualan kepemilikan saham Adira Insurance ini akan dialokasikan untuk memperkuat perusahaan termasuk infrastruktur serta peningkatan kualitas layanan nasabah, dan potensi penambahan pendapatan kepada pemegang saham Bank Danamon dalam bentuk dividen. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News