Danamon Jaga NPL Tetap di 3%

Danamon Jaga NPL Tetap di 3%

Jakarta–PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) menargetkan rasio kredit bermasalah (NPL) di bawah 3 persen pada tahun ini. Hal ini diungkapkan Direktur Keuangan Bank Danamon Vera Eve Liem kala menghadiri Halal Bihalal OJK di Gedung Soemitro, Jakarta, Selasa, 4 Juli 2017.

Vera menyebut segmen nonmikro masih mengalami pertumbuhan sekitar 4-5 persen per akhir Mei 2017. Hingga akhir tahun, NPL segmen nonmikro juga akan dijaga di sekitar 2 persen.

Vera mengatakan, tren rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) memang sudah semakin membaik. Bahkan, rasio kredit bermasalah di luar segmen mikro pada saat ini diklaim telah berada di kisaran 2 persen. “Kalau dilihat, NPL di luar mikro tampaknya akan tetap 2 persen agar tetap menjaga tingkat ekspansi kredit.” ungkap Vera.

Hingga kuartal satu 2017, NPL gross Bank Danamon tercatat di level 3,55 persen. Kualitas kredit membaik dibanding periode sama tahun lalu dengan NPL 3,59 persen.

Vera mengungkapkan, pihaknya akan terus fokus melakukan collection untuk debitur segmen mikro demi memperbaiki kualitas kredit perseroan tersebut.

“Untuk mencapai itu, kami terus fokus melakukan collection pada segmen mikro. Untuk segmen lainnya, seperti komersial, usaha kecil menengah, dan segmen lain di luar mikro tidak menyumbang NPL terlalu besar,” tutup Vera. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.