Danamon Gelar Pasar Rakyat di Palembang

Danamon Gelar Pasar Rakyat di Palembang

Jakarta – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-60, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) dan anak perusahaannya melalui Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli)mendukung pengembangan pasar rakyat melalui kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara dan kegiatan Festival Pasar Rakyat (FPR) ke-12 di Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

Melalui kampanye berjudul Jelajah Pasar Rakyat Nusantara dan kegiatan Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli mengambil langkah strategis dengan memasukkan aspek promosi di dalam upaya mendukung pengembangan pasar rakyat agar mampu bersaing dengan pasar swalayan.

“Festival Pasar Rakyat kali ini terasa lebih istimewa karena menjadi rangkaian perayaan HUT Danamon ke-60. Kami memilih lokasi di kota Palembang karena Palembang yang saat ini berusia 1333 merupakan kota tertua di Indonesia. Kemungkinan besar pasar tertua pun lahir di kota Palembang ini,” jelas Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi, dalam siaran persnya, Senin, 1 Agustus 2016.

Festival Pasar Rakyat 16 Ilir sendiri menampilkan 25 UMKM yang menjajakan ragam kekayaan kuliner lokal. Talkshow “Kuliner Sehat untuk Keluarga” dan edukasi dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan tentang mengenal keaslian uang rupiah turut menambah peran dan nilai pasar sebagai ruang edukasi bagi masyarakat.

Rangkaian kegiatan mempromosikan pasar dilanjutkan di tanggal 24-26 Juli 2016, melalui study tour “Generasi Muda Goes to Pasar” menyasar pelajar SMA/sederajat ke Pasar 16 Ilir.

Kegiatan ini mendorong generasi muda untuk mengenal pasar tradisional lebih dari aktivitas jual beli semata, dimana para siswa diminta untuk menulis karya tulis dan dokumentasi selama menjelajahi Pasar 16 Ilir. Pada puncak acara digelar kirab komunitas Pasar 16 Ilir, talkshow “Strategi Pengembangan Pasar Rakyat yang Sehat”, berbagai lomba melibatkan masyarakat seperti lomba cerdas cermat antarpasar, serta lomba menggambar siswa sekolah.

Kegiatan FPR ini menjadi salah satu kegiatan utama Danamon Peduli di tahun 2016, dimana pada tahun ini Danamon Peduli memiliki anggaran sebesar Rp15 miliar untuk mendukung kegiatan tanggung jawab sosial. Semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia juga menjadi komitmen bersama dari Danamon. Hal ini tercermin melalui Danamon Simpan Pinjam (DSP) yang merupakan lini bisnis Danamon di sektor pembiayaan usaha mikro.

Pada kesempatan terpisah, Reza Rusly, selaku National Sales Distribution Head Danamon Simpan Pinjam, menjelaskan bahwa pasar rakyat memiliki fungsi penting terhadap kesejahteraan masyarakat karena di dalamnya terdapat pengusaha-pengusaha mikro yang berkontribusi dalam perekonomian wilayah maupun nasional dan juga dalam menciptakan lapangan kerja. (*) Dwitya Putra

78 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.