Cyber Mengancam, Multipolar Technology Tawarkan Sistem Terintegrasi

Cyber Mengancam, Multipolar Technology Tawarkan Sistem Terintegrasi

Jakarta – Ancaman cyber semakin canggih dan kompleks. Cisco dengan solusi ASA memberikan rasa aman melalui solusi kemanan yang terintegrasi, yang menjadikan Cisco ASA sebagai kekuatan baru di pasar solusi kemanan.

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat bagi peningkatan bisnis. Sejalan dengan itu, ancaman cyber di dunia maya makin mencemaskan. Bentuk ancaman cyber yang timbul dewasa ini diantaranya berupa perdagangan terselubung yang memperjualbelikan puluhan ribu kresedensial server yang berhasil diretas, peretasan sistem ATM di perbankan, ransomware dan malware, serangan spionase siber, hacking serta dumping data-data penting milik perusahaan.

Mirisnya, belum banyak yang menganggap serangan ini sebuah kerugian yang penting. Padahal, sebuah penelitian menyebutkan, hanya sekitar 28,7% perusahaan yang mampu menemukan insiden keamanan dalam waktu beberapa hari saja. Sekitar 19% perusahaan mengakui, mereka membutuhkan waktu beberapa minggu untuk menemukan adanya sebuah insiden kemanan. Hasil penelitian juga menyebutkan, ada perusahaan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menemukannya (7,1%).

Tahun lalu saja, ditemukan adanya pencurian keuangan terbesar dengan menggunakan SWIFT enabled transfer untuk mencuri US$100 juta. Selain itu juga ditemukan ada ribuan host di seluruh dunia terekspos di Internet, dengan 91,1% membawa kerentanan yang dapat dieksploitasi dari jarak jauh.

Mohammad Rabbani, Presales Network Multipolar Technology Tbk, mengungkapkan, gangguan digital telah mendorong bermunculannya hacker economy. “Penjahat dunia maya saat ini lebih canggih dan didukung oleh industri yang kuat. Mereka (penjahat cyber) ini telah menghasilkan uang miliaran dolar. Modusnya menjadikan data dan malware sebagai komoditas” ujarnya.

Rabbani menambahkan, mereka mengincar pembayaran jangka panjang, mengadaptasi dengan menyerang komputer individu atau orang dengan tujuan untuk menangkap kekuatan penuh infrastruktur targetnya. Targetnya adalah untuk mendapatkan kembali jangka panjang atas investasi mereka. Industri perbankan menjadi salah satu target yang seringnya menjadi incaran para penjahat cyber ini.

Praktik kejahatan perbankan yang melibatkan kecanggihan teknologi sudah terjadi sejak lama. Di mana, para pelaku kejahatan tidak pernah kehabisan akal untuk membobol sistem. Seorang sumber yang adalah praktisi perbankan mengatakan, apabila terjadi pembobolan rekening oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, bukan hanya pemilik rekening saja yang dirugikan, akan tetapi bank juga ikut dirugikan karena membuat kepercayaan nasabah untuk menyimpan uangnya di bank menjadi menurun.

Lalu apa yang dapat kita lakukan? Menurut Rabbani, diperlukan sebuah solusi kemanan yang terintegrasi. Untuk mengakomodir kebutuhan akan solusi kemanan yang semakin tinggi levelnya, Multipolar menghadirkan tiga solusi kemanan terintegrasi, yakni Cisco AS with FirePower Services, Symantect Scure Web Gateway, dan F5 ASM.

Ciso ASA with FirePower Services merupakan solusi kemanan yang dirancang untuk menghadapi serangan terhadap infrastruktur TI perusahaan yang membutuhkan sistem kemanan jaringan internal untuk melindungi semua datanya. Cisco ASA with FirePower Services merupakan Next-Generation Firewall dengan tingkat kefektifan kemanan yang tinggi, visibilitas trafik data & kontrol yang mudah dikelola, serta platform yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Setelah data terlindungi dengan baik, maka perusahaan juga perlu menjaga eksositem kemanan. Untuk itu, Multipolar menawarkan Symatec Secure Web Gateway sebuah ekosistem canggih berbasis cloud yang mampu melindungi perusahaan dari berbagai ancaman. Symantec Secure Web Gateway bekerja dengan mengkonsolidasikan fitur terhadap otentifikasi pengguna, menyaring lalu lintas pada web, mengidentifikasi penggunaan aplikasi berbasis cloud, memberikan pencegahan akan keholangan data & juga ancaman, serta memastikan visibilitas terhadap lalu lintas yang telah dienkripsi.

Tentu saja, serangan cyber juga terus berkembang, dan berevolusi sehingga tetap menjadi ancaman di level berikutnya. Namun tidak perlu khawatir, karena Multipolar juga memiliki solusi kemanan F5 ASM yang berfungsi untuk melindungi aplikasi berbasis web sehingga aplikasi dapat terjaga intergrasinya. F5 ASM memiliki fitur F5websafe yang berfungsi melindungi client dari serangan fraud, phising, atau pencurian data nasabah saat bertransaksi menggunakan web.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.