CIMB Niaga, Top 50 GCG Terbaik di ASEAN

CIMB Niaga, Top 50 GCG Terbaik di ASEAN

Jakarta–PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berhasil meraih ASEAN Corporate Governance Awards 2015 yang diberikan oleh ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) di Manila, Filipina, Sabtu 14 November 2015. CIMB Niaga memboyong dua kategori penghargaan sekaligus yaitu Top 50 ASEAN Public Listed Companies dan Top 3 Public Listed Companies dari Indonesia berdasarkan ASEAN Corporate Governance Scorecard.

Metodologi ASEAN Corporate Governance Scorecard telah digunakan untuk menilai dan mengevaluasi perusahaan terbuka di enam negara anggota ASEAN yang ikut dalam ajang ini, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. Dalam penilaiannya, dewan juri melakukannya secara ‘cross country’, artinya hanya boleh memberikan penilaian kepada emiten negara lainnya. Adapun materi penilaian meliputi hak-hak pemegang saham, perlakukan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, keterbukaan informasi serta tanggung jawab Pengurus (Direksi dan Dewan Komisaris).

“CIMB Niaga terpilih sebagai Top 50 perusahaan terbuka di ASEAN dengan penerapan good corporate governance (GCG) terbaik. Hal ini menjadi pengakuan dari pihak independen di kawasan ASEAN bagi CIMB Niaga yang dinilai telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip serta pelaksanaan GCG di lingkungan perusahaan,” kata Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga L. Wulan Tumbelaka.

Menurut Wulan, pelaksanaan GCG di CIMB Niaga telah diwujudkan dalam berbagai proses dan kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk konsistensi dan komitmen jajaran manajemen dan seluruh karyawan CIMB Niaga untuk tetap memegang teguh praktik tata kelola perusahaan yang baik di semua lini.

Selain di tingkat ASEAN, lanjut Wulan, penilaian penerapan GCG sesuai standar ASEAN Corporate Governance Scorecard juga dilakukan di masing-masing negara. Di Indonesia, penilaian yang sama dilakukan oleh IICD yaitu satu-satunya lembaga nirlaba yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mensosialisasikan GCG berstandar ASEAN Corporate Governance. IICD menyelenggarakan acara “The 7th IICD Corporate Governance Conference & Award” dan  CIMB Niaga kembali dinobatkan sebagai ‘The Best Overall’ yang sekaligus mempertahankan prestasi yang sama pada tahun lalu. CIMB Niaga juga ditetapkan sebagai Top 50 Public Listed Companies oleh IICD.   (*) Rezkiana Nisaputera

Leave a Reply

Your email address will not be published.