CFCD dan Antam Gelar FORUM CSR ke-40

CFCD dan Antam Gelar FORUM CSR ke-40

Jakarta–Corporate Forum for Community Development (CFCD) kembali menggelar kegiatan rutin triwulanan yakni Temu Forum CSR ke-40 sebagai wadah pertukaran informasi, pengetahuan dan best practice di antara para pelaku Corporate Social Responsibility (CSR) dan pemberdayaan masyarakat.

PT Antam (Persero), Tbk ditunjuk menjadi tuan rumah dalam Temu Forum CSR ke-40, yang dihadiri oleh para pelaku CSR, perwakilan pemerintah, DPR dan praktisi. Kegiatan rutin ini bertujuan untuk memperkuat jejaring antar para pemangku kepentingan (multistakeholders) diselenggarakan CFCD sejak tahun 2006.

Ketua Umum CFCD Tri Harjono mengatakan, Temu Forum CSR yang digelar CFCD merupakan forum multistakeholder perusahaan yang tetap exist dalam pengembangan CSR/Community Development di Indonesia. Temu Forum CSR bertujuan agar dapat menjadi ajang berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman praktik terbaik penyelenggaraan CSR antar perusahaan juga mitra dan stakeholder lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) sebagai perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor yang telah menjadi Tuan Rumah Temu Forum CSR ke-40 ini,” ujarnya.

Sebagai wujud komitmen dan kepedulian bersama, para anggota CFCD bergantian sebagai tuan rumah acara Temu Forum. Temu Forum sebelumnya yaitu Temu Forum CSR ke‐39, PT Tirta Investama (Danone Aqua) menjadi Tuan Rumah dengan tema “Danone Aqua Social Responsibility”,

Di tempat yang sama, Direktur Umum dan CSR Antam I Made Surata menyampaikan, bahwa perseroan menyadari bahwa aspek lingkungan hidup khususnya pengembangan masyarakat tidak sekedar tanggung jawab sosial melainkan juga sebagai bagian dari risiko perusahaan yang harus dikelola dengan baik.

Pasalnya, kata dia, karakteristik industri pertambangan di Indonesia sebagai industri pembuka daerah tertinggal dan terisolir juga menjadikan peran perusahaan tambang untuk berperan aktif dalam pengembangan masyarakat sekitar dan beroperasi sebagai good corporate citizen sangat penting. Hal tersebut menurut Made akan berperan penting dalam menurunkan risiko adanya gangguan terhadap operasi perusahaan.

Ketua Komite CSR Thendri Supriatno menambahkan, bahwa Antam sebagai BUMN melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dijalankan dengan basis penguatan ekonomi lokal yang dibarengi dengan pendampingan telah menunjukan kinerja sosial yang baik.

CFCD merupakan forum bersifat independen yang dibentuk sebagai wadah komunikasi bagi para CDO (Community Development Officer) / CSRO (Corporate Social Responsibility Officer) dengan visi membangun jejaring kerja multistakeholder (lembaga lintas sektoral) dan pusat pembelajaran CSR/CD.

CFCD berfokus pada peningkatan kesadaran sosial perusahaan dan komitmen CSR di bidang usaha pemberdayaan masyarakat. Anggota CFCD berasal dari berbagai sektor dan industri, termasuk Agribisnis dan Agroindustri, Industri Ekstraktif, Energi, Industri dan Manufaktur, dan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.