Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$107,7 Miliar

Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$107,7 Miliar

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia akhir April 2016 sebesar US$107,7 miliar, atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi akhir Maret 2016 yang sebesar US$107,5 miliar.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat mengatakan, peningkatan tersebut dipengaruhi oleh penerimaan cadangan devisa yang terutama berasal dari hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) dan penerimaan lainnya.

“Penerimaan tersebut melampaui kebutuhan devisa, yang antara lain digunakan untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah,” ujar Arbonas di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2016.

Menurutnya, posisi cadangan devisa per akhir April 2016 itu cukup untuk membiayai 8,1 bulan impor atau 7,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” tutup Arbonas. (*)

Related Posts

News Update

Top News