Bumida Cairkan Klaim Insiden Trigana Air ke PT Pos Rp6,5 Miliar

Bumida Cairkan Klaim Insiden Trigana Air ke PT Pos Rp6,5 Miliar

Dana PSKS yang dibawa pegawai PT Pos Indonesia telah di asuransikan oleh Asuransi Bumida. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–PT Asuransi Bumida mencairkan klaim sebesar Rp6,5 miliar kepada PT Pos Indonesia (Persero) terkait dengan jatuhnya Pesawat Trigana Air di Pegunungan Bintang Papua. Klaim yang dicairkan tersebut merupakan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang rencananya akan dibagikan ke 10.958 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di 34 distrik Kabupaten Pegunungan Bintang.

Menurut Direktur Utama Asuransi Bumida, Ibnu Nugroho, selama ini pihaknya bersama dengan PT Pos Indonesia sudah melakukan kerja sama cukup lama. Oleh sebab itu, kecelakaan yang ikut menimpa empat karyawan PT Pos yang menumpang Trigana Air dari Jayapura menuju Oksibil dengan membawa dana PSKS tersebut, pihaknya mengaku akan membayarkan klaim itu.

“Ini merupakan komitmen kami dan dukungan kami pada PT Pos terkait dana yang diklaim yang harus dibayarkan, uang-uang yang dititipkan dari PT Pos selalu diasuransikan, Bumida langsung berkoordinasi dengan tim operasional kami, dan kurang lebih 7 hari kita realisasikan klaim itu karena kami utamakan nasabah kami,” ujar Ibnu di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2015.

Sementara ditempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pos Indonesia, Poernomo menambahkan, dana PSKS yang dibawa pegawai Pos Indonesia tersebut telah di asuransikan oleh Asuransi Bumida. Sehingga kerugian uang yang terbakar telah dicover oleh asuransi. “Pos Indonesia sudah mengasuransikan seluruh dana PSKS, termasuk PSKS untuk Kabupaten Pegunungan Bintang,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, empat pegawai Pos Indonesia Regional XI Jayapura pada tanggal 16 Agustus 2015 mendapat tugas untuk menyalurkan pembayaran Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) ke Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Namun dalam perjalanan, pesawat tersebut mengalami kecelakaan sehingga tidak ada penumpang yang selamat.

Pada tanggal 18 Agustus 2015, Badan SAR Nasional pun berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air yang membawa 49 penumpang dan lima kru, termasuk petugas PT Pos. Petugas berhasil menemukan para korban beserta uang yang sebagian besar dalam kondisi hangus terbakar dan hanya sebagian kecil yang masih utuh. (*)

@rezki_saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.