BTN Kembali Catatkan EBA-SP 03 Senilai RP1 Triliun

BTN Kembali Catatkan EBA-SP 03 Senilai RP1 Triliun

Jakarta–PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, (BTN) kembali mencatatkan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP 03) di Bursa Efek Indonesia (BEI) senilai Rp1 triliun, setelah sukses melakukan sekuritisasi aset dengan skema EBA-SP selama dua tahun berturut-turut.

Adapun, nilai EBA-SP yang berhasil diserap mencapai Rp1 triliun dengan rincian di kelas A, untuk seri A 1 senilai Rp200 miliar, sedangkan Seri A2 mencapai Rp713 miliar. Sementara kelas B, mencapai Rp87 miliar. EBA-SP 03 ini diterbitkan menggunakan jaminan KPR BTN. Sebaga jaminan kualitas kredit, EBA SP-03 kelas A memiliki rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

EBA-SP 03 kelas A tersebut memliki tenor dan kupon yang berbeda, untuk seri A1, tenornya 2 tahun dan kupon sebesar 8 persen. Sementara, A2 bertenor 4 tahun dengan kupon sebesar 8,4 persen. EBA-SP merupakan instrumen hasil sekuritisasi dari tagihan-tagihan KPR yang kemudian dijual ke publik, dalam hal ini investor institusi seperti dana pensiun maupun perusahaan asuransi, melalui penawaran umum. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2

78 total views, 4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.