BTN Ajak 20 Siswa Terpilih Ikut Program SMN

BTN Ajak 20 Siswa Terpilih Ikut Program SMN

Gorontalo – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mengajak 20 siswa-siswi terpilih dari Gorontalo untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan program BUMN Hadir untuk Negeri.

Para siswa terpilih tersebut akan diberangkatkan dari Gorontalo tanggal 23 Juli 2017 ke Pontianak, dan kembali pada 1 Agustus 2017. Para siswa yang mengikuti program SMN tersebut telah menerima pembekalan dan pengarahan dari manajemen BTN, Pemerintah Daerah, dan Kementerian BUMN.

“Mereka adalah siswa-siswi kebanggaan Gorontalo yang akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga mengenai nilai seni dan budaya masyarakat Pontianak dan tinggal dengan penduduk setempat,” ujar Direktur Bank BTN, Budi Satria dalam siaran persnya, di Gorontalo, Sabtu, 22 Juli 2017.

Siswa yang terpilih mengikuti SMN terdiri 18 pelajar yang duduk di kelas XI SMAN, SMKN, dan 2 pelajar difabel dari SLB. Para siswa SMN ini akan mengunjungi sejumlah lokasi seperti Tugu Khatulistiwa, Makam Juang Anjor, Vihara Singkawang, meninjau Pelabuhan Perintis Sintete dan perkebunan sawit, serta belajar membuat keramik di Pontianak.

Para siswa juga akan merasakan tinggal di Entikong, daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. “Dengan mengajak para siswa mendalami unsur budaya nusantara, keanekaragaman hayati, kami berharap rasa toleransi mereka terus tumbuh, berwawasan luas dan bisa menginspirasi teman-temannya di Gorontalo,” ucapnya.

Setelah mengikuti rangkaian acara di Pontianak, para siswa Gorontalo akan melawat ke Kantor Bank BTN di Jakarta. Mereka akan dibekali pengetahuan mengenai produk perbankan, sejarah Bank BTN dan peran serta Bank BTN dalam mendukung pemerintah dalam Program Sejuta Rumah.

Setiap siswa nantinya mendapatkan tabungan “Juara”, produk tabungan khusus pelajar dari Bank BTN. “Pendidikan mengenai perbankan di masa sekolah penting untuk membantu mereka merencanakan masa depan dan belajar disiplin,” kata Budi Satria.

Sementara itu, peserta SMN yang terpilih di Pontianak akan diterima di Gorontalo untuk mempelajari keanekaragaman adat istiadat, kekayaan alam, dan nilai-nilai budaya di Gorontalo. “Kami berharap para pelajar SMN dari Pontianak bisa melihat langsung keindahan budaya, kekayaan budaya, keunikan satwa dan bagaimana rukunnya masyarakat Gorontalo di tengah keberagaman yang mereka miliki,” jelasnya.

Menurutnya, perseroan secara konsisten mendukung Program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain program wajib tersebut, Bank BTN juga memiliki program tanggung jawab sosial lain yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Adapun program tanggung jawab sosial BUMN yang telah dilaksanakan seperti pendirian Rumah Kreatif BUMN di sejumlah provinsi di Indonesia dan Balai Ekonomi Desa di Borobudur, Jawa Tengah. (*)

54 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.