BRI Perkuat Samsat Online untuk Tingkatkan Layanan

BRI Perkuat Samsat Online untuk Tingkatkan Layanan

Denpasar – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mendukung program pemerintah dengan pengoptimalan penerimaan pajak untuk memperkuat Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Online guna meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Hal ini ditandai dengan partisipasi BRI pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Samsat Online Nasional di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali (15/11). Acara yang merupakan bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat tingkat Nasional T.A. 2018 ini dihadiri oleh Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal Pol Tito Karnavian, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI Heru Pambudi, dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto.

“Kerjasama ini merupakan wujud komitmen Bank BRI dalam memberikan layanan perbankan yang professional dan menyeluruh kepada pemerintah dan masyarakat yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ujar Sis Apik melalui keterangan resminya, Kamis 15 November 2018.

Samsat Online Nasional sendiri merupakan bentuk kerjasama antara Tim Pembina Samsat Nasional (Polri, Kementerian Dalam Negeri, Jasa Raharja), Pemerintah Provinsi, Bank Pembangunan Daerah, dan Bank Umum Nasional atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Program ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran penerimaan pajak daerah yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan e-channel Bank BRI.

Tahun 2017, Samsat Online Nasional telah diimplementasikan di wilayah Jawa dan Bali. Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ini, pengembangan Samsat Online Nasional diperluas hingga wilayah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya, pengembangan layanan Samsat Online Nasional akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Hadirnya layanan Samsat Online Nasional, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat, praktis dan murah melalui seluruh jaringan ATM Link Bank BRI dan Internet Banking Bank BRI.

Memiliki jaringan tersebar dan terbesar di Indonesia, yang terdiri dari lebih dari 9 ribu kantor, 330 ribu jaringan e-channel, dan 272 ribu Agen BRILink, Bank BRI dapat memberikan keleluasaan layanan perbankan bagi instansi pemerintah maupun masyarakat luas. Bank BRI berkomitmen untuk senantiasa mendukung penerimaan pajak dan memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran pajak di pusat maupun di daerah.

“Kami ingin semua lapisan masyarakat dapat menikmati kemudahan pembayaran pajak dan sumbangan wajib dana kecelakaan secara online melalui sistem perbankan BRI,’’ tutup Sis Apik. (*)

Related Posts

News Update

Top News