BRI Dukung Pariwisata Halal

BRI Dukung Pariwisata Halal

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo meresmikan pagelaran Halal Park sebagai Moslem District Destination yang berlokasi di Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, Selasa (16/4).

Dalam pagelaran tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tnk (BRI) juga ikut ambil bagian dengan menyertakan mitra UMKM binaannya di Halal Park. Para mitra tersebut merupakan beberapa binaan Bank BRI di Rumah Kreatif BUMN (RKB), di antaranya tiga RKB Jakarta yakni Pawon Narasa dengan produk Egg Roll, Elemwe dengan produk Pakaian, Yammy Babeh dengan produk Keripik Singkong; dua RKB Bandung yakni Cantique Soes dengan produk Soes kering, Nukita Food dengan produk Kentang Kuring dan Kremes; serta satu RKB Bukittinggi yakni Uni Adek dengan produk Rendang.

Suprajarto, Direktur Utama Bank BRI yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut mengatakan bahwa BRI sebagai bagian dari BUMN, tentunya ingin berkontribusi dengan menyertakan mitra-mitra binaan.

“Kami mengadakan pelatihan-pelatihan rutin untuk mitra binaan. Banyak mitra yang akhirnya bisa menjual produknya secara online baik melalui e-commerce lewat Indonesia Mall maupun media sosial. Semua mitra binaan kini bisa menjual produknya di Indonesia Mall yang di support oleh Bank BRI” jelas Suprajarto di Jakarta, Selasa, 16 April 2019.

Dengan berpartisipasi di Halal Park, diharapkan produk-produk milik mitra BRI akan semakin dikenal oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terlebih salah satu produk milik mitra yakni rendang Uni Adek telah menembus pasar ekspor hingga ke Arab Saudi.

Hingga akhir Maret 2019, terdapat 54 RKB BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. RKB tersebut menaungi 306.920 anggota UMKM dan telah melakukan 2.688 kali pelatihan.

Indonesia Mall juga merupakan kerja sama Bank BRI dengan e-commerce untuk mendorong UMKM go-online. Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat langsung dibeli di e-commerce rekanan seperti blanja.com dan tokopedia. Dengan adanya Halal Park, diharapkan dapat menjadi etalase offline bagi mitra binaan BRI untuk para wisatawan yang berkunjung.

Halal Park diproyeksikan akan menjadi kawasan bertaraf internasional yang terletak di pusat kota Jakarta. Berdiri diatas lahan seluas 21 ribu meter persegi, kawasan ini dirancang untuk memenuhi beragam gaya hidup halal mulai dari kebutuhan fashion, produk kecantikan, hingga kuliner. Berdasarkan standar Global Muslim Travel Index (GMTI), Indonesia menempati nomor satu wisata halal bersaing dengan 130 negara lainnya, termasuk Malaysia, Turki, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab. (*)

Related Posts

News Update

Top News