BRI Dorong Pertumbuhan Sektor Pertanian Indonesia

BRI Dorong Pertumbuhan Sektor Pertanian Indonesia

Jakarta — Pencapaian kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) tak lepas dari fokus bisnisnya pada penyaluran kredit di segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Penyaluran kredit di sektor UMKM menyumbang 76,92 persen dari total penyaluran kredit BRI. Maka dari itu, sektor UMKM memegang peranan penting dalam kinerja penyaluran kredit perseroan.

Sebagai negara agraris, sektor pertanian merupakan salah satu sektor UMKM yang vital. Menurut laporan kinerja keuangan kuartal 1-2019 Bank BRI, komposisi penyaluran kredit BRI masih didominasi sektor perdagangan, restoran dan hotel sebesar 35,2 persen. Meskipun begitu sektor pertanian menempel di urutan kedua dengan komposisi sebesar 12,1 persen.

Pada kuartal I-2019, penyaluran kredit sektor pertanian mengalami peningkatan 9,9 persen sebesar Rp103,5 triliun dibandingkan kuartal I-2018. Angka penyaluran kredit ini meningkat Rp9,3 triliun dibandingkan angka tahun sebelumnya, sebesar Rp94,2 triliun.

BRI tergolong gencar dalam memberikan kredit bagi sektor pertanian. 25,5 persen total kredit perbankan di sektor pertanian Indonesia dipegang oleh bank pelat merah ini. Hal ini menunjukkan keseriusan bank yang dipimpin oleh Suprajarto ini dalam meningkatkan sektor pertanian di tanah air. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.